Sukses

Golkar: Formula E Harus Dilihat Juga Sisi Positifnya

Basri tidak ingin polemik Formula E sekadar suka atau tidak suka terhadap Pemprov DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mempertanyakan perhelatan Formula E yang harus diselenggarakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Mega mengatakan tidak ingin cagar budaya di lokasi itu dirusak. Namun, Partai Golkar justru menilai ajang Formula E juga harus dilihat sisi positifnya.

"Kalau Golkar sih melihatnya tidak dari sisi negatifnya, tetapi kita lihat dari sisi positif, lebih kepada itu. Cagar Budaya kan selama tidak kita rusak kan bagus juga," kata Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco saat dihubungi, Kamis (20/2/2020).

Menurut dia, Monas bisa disorot dunia jika Formula E diselenggarakan di situ. Basri tidak ingin polemik Formula E sekadar suka atau tidak suka terhadap Pemprov DKI.

"Monas ditonton seluruh dunia nanti dan potensi-potensi akan tumbuh nanti berkembang ketika ada perhelatan itu, jadi tidak hanya lihat dari sisi lain, harusnya yang lebih fair begitu. Coba pertimbangkan ke semua aspek lah, tidak hanya berpikir suka atau tidak suka, like or dislike," tuturnya.

Dia menambahkan, salah satu simbol negara Indonesia adalah Monas. Perhelatan Formula E, pertama itu pun bisa menarik banyak wisatawan. Ditambah, Jakarta dipersiapkan untuk kota bisnis dan pariwisata.

"Jadi janganlah, kalau mau nolak dari awal awal kemarin, orang udah di tengah jalan baru diini, nanti negara rugi lagi udah bangun ini begitu mau bangun apalagi, berpikirnya harus begitu," ujarnya.

Dia pun menegaskan, partai beringin mendukung digelarnya Formula E asal dipersiapkan sebaik mungkin.

"Kalau menurut Golkar maju terus, tinggal diatur seprofesional mungkin penyelenggaraannya, jangan merusak Cagar Budayanya, selama tidak dirusak nggak ada masalah dong," tandas Basri.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal Formula E yang bakal diselenggarakan di Monas, Jakarta Pusat. Mega kesal Monas dirombak, karena kawasan itu adalah cagar budaya.

"Monas itu di dalam keputusan peraturan itu adalah Cagar Budaya, tapi jangan pula saya dibentur-benturkan sama Pak Anies (Baswedan), tapi saya hanya ngomong Monas itu adalah sudah pasti peraturannya Cagar Budaya," kata dia saat pidato di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Langgar Aturan

Menurut Mega, kawasan cagar budaya tidak boleh dipergunakan untuk apa pun juga. Dia mencontohkan rumahnya di kawasan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

"Apa artinya, tidak boleh digunakan untuk apa pun juga, rumah saya TU (Teuku Umar) itu masuk dalan Cagar Budaya DKI, itu saya kalau betulin, mesti minta izin, karena ada hal-hal yang tidak ada di dalam arsitektur rumah yang lain. Ini kayaknya heran deh, kenapa ya, aneh buat saya," tuturnya.

"Kalau mau kompetisi nanti, tapi kalau di dalam peraturan, yang memang ada aturannya jangan coba langgar," tambah Mega.

Megawati kemudian teringat sang ayah, Presiden RI Sukarno yang susah payah memperjuangkan Monas di DKI Jakarta. Dia heran mengapa gelaran Formula E harus dilaksanakan di Monas.

"Nah Gubernur DKI ini tau apa tidak, kenapa sih bikin Formula E itu harus disitu, kenapa sih nggak ditempat lain, kan peraturan itu ya peraturan, kalian juga mesti tau jangan melanggar aturan," ujar Megawati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.