Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Getarkan Mamuju dan Melonguane

Gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat menggetarkan pada pukul 10:31:40 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini menggetarkan Indonesia lagi. Hingga pukul 19.00 WIB, ada dua lindu yang membuat Nusantara bergoyang.

Melansir laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Kamis (20/2/2020), gempa pertama pada hari ini mendatangi Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Lindu itu menggetarkan pada pukul 10.31 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,5. Kedalaman gempa tersebut 2 kilometer.

Tak hanya Mamuju, gempa juga terjadi di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Lindu itu terjadi pada pukul 16:54:07 WIB.

Berikut dua gempa yang menggetarkan Indonesia dihimpun Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mamuju

Gempa pertama pada hari ini terjadi di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Lindu itu berkekuatan magnitudo 3,5 dengan kedalaman 2 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 10 kilometer barat daya Kecamatan Duripoku, Kabupaten Mamuju. Lindu terjadi pada pukul 10.31 WIB.

Lokasi gempa berada pada titik 1.68 Lintang Selatan-119.46 Bujur Timur.

 

3 dari 3 halaman

Melonguane

Kemudian, gempa mendatangi wilayah Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada sore hari pukul 16.54 WIB.

Lokasi gempa berada pada garis Lintang 5.58 dan Bujur 125.8. Gempa yang terjadi itu berkekuatan magnitudo 5,6 dengan kedalaman 196 kilometer.

Pusat gempa berada pada 200 kilometer barat laut Melonguane.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi