Sukses

Akan Dijadikan Sirkuit Balap Moto GP 2021, Wapres Ma'ruf Tinjau Proyek Wisata Mandalika

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin melanjutkan hari kedua kunjungan kerjanya di Lombok, NTB.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin melanjutkan hari kedua kunjungan kerjanya di Lombok, NTB. Lewat siaran pers diterima, diketahui Ma'ruf pagi ini beraktivitas menegok proyek wisata Mandalika.

"Sembari olahraga gerak jalan, kegiatan hari kedua kunjungan kerja di Pulau Seribu Masjid, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berolahraga jalan santai sambil proyek-proyek wisata Mandalika," tulis keterangan pers Kantor Sekretariat Wakil Presiden, diterima, Kamis (20/2/2020).

Gerak jalan Ma'ruf Amin dimulai sekitar pukul 06.11 waktu setempat. Wapres didampingi oleh Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin, dan segenap rombongan Kantor Sekretariat Wakil Presiden berjalan sepanjang 3,8 km untuk menikmati keindahan pantai Balawista.

"Di seperempat perjalanan, Wapres menghentikan langkahnya saat melihat gambar pusat pengawasan area pantai Balawista yang terpampang di pertigaan jalan yang memaparkan rencana pengembangan kavling lahan 200 hektar siap bangun," lanjut siaran pers tersebut.

Melihat hal itu, Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer yang ikut olahraga bersamanya, langsung menjelaskan rencana pengembangan kavling tersebut.

"Proyek-proyek wisata Mandalika juga akan dilanjutkan ke pembanganunan Gedung Balawista The Mandalika," tutur Abdulbar.

Diketahui, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014, yang diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial.

Karenanya, pemerintah memberikan fasilitas dan kemudahan, baik melalui insentif fiskal maupun non-fiskal, seperti perizinan, ketenagakerjaan, keimigrasian, dan pertanahan.

"KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan (sustainable tourism), melalui pembangunan obyek wisata dan daya tarik wisata yang berorientasi pada pelestarian dan kualitas lingkungan hidup di wilayah sekitarnya," terang siaran pers tersebut.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyelenggaraan Moto GP

Ma'ruf berharap, pengembangan wisata yang berkualitas dapat meningkatkan devisa, melindungi dan menjaga lingkungan, alam, serta budaya. Lebih dari itu, Destinasi Mandalika juga dipersiapkan untuk penyelenggaraan sport tourism Moto GP bulan Oktober 2021, dan diharapkan tes sirkuit dapat dilakukan awal tahun 2021.

"Untuk agenda Moto GP 2021 di Indonesia sudah mendapatkan lisensi dari Dorna Sports sebagai pihak penyelenggara Moto GP," tandas siaran pers tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin