Sukses

Penampakan Revitalisasi TIM Saat Ini yang Tuai Kontroversi

Revitalisasi TIM memasuki tahap pembongkaran fisik. Dilaksanakan oleh PT JakPro, proses revitalisasi kini sudah berjalan15 persen.

Liputan6.com, Jakarta Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) memasuki tahap pembongkaran fisik bangunan. Pelaksana revitalisasi ini dilakukan oleh PT Jakarta Properindo (JakPro) sejak Agustus 2019 dan rencananya akan selesai pada Juni 2021.

PT JakPro akan merevitalisasi Gedung Planetarium, Gedung Galeri Cipta II, Gedung HB Jassin, dan Graha Bhakti Budaya, dengan total anggaran yang disiapkan adalah Rp 1,8 triliun.

Direktur Operasi PT Jakarta Propertindo (JakPro) M Taufiqurrachman menyebut saat ini progres revitalisasi kawasan TIM baru mencapai 15 persen.

"Sekarang sudah 15 persen untuk tahapan semuanya. Rencananya, targetnya Juni 2021," kata Taufiq di Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Februari 2020. 

Pengerjaan yang saat ini dikerjakan yakni area parkir kawasan dan pondasi untuk wisma TIM. Rencananya wisma tersebut akan dibangun dalam beberapa lantai dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, area pintu masuk TIM sementara ini ditutup. Area tersebut dahulunya adalah akses keluar masuk bagi para pengunjung. Selain itu, pemandangan jalan di depan gedung TIM dipenuhi dengan banner tentang tahap rencana revitalisasi.

Sepanjang berjalannya proses revitalisasi, pagar pembatas pun dibuat dan hanya bisa dimasuki oleh petugas atau pekerja. Bahkan ada area pembatas lain di luar pembatas utama yang harus memakai perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD).

Mesin-mesin pembongkar bangunan pun sudah bekerja. Mulai terlihat pula truk yang berlalu lalang membawa bahan bangunan yang tertata rapi tidak jauh dari gedung yang sudah dibongkar.

Ada pula sisa bangunan yang masih bertumpukan. Meskipun begitu pengunjung tetap bisa mengitari kawasan TIM dengan adanya titik-titik yang aman dilewati oleh pejalan kaki.

Berikut potret proses revitalisasi TIM saat ini, yang dihimpun Liputan6.com:

 

(Okti Nur Alifia) 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Akses keluar masuk bagi para pengunjung yang sementara ini ditutup

3 dari 13 halaman

Pemandangan di depan TIM dipenuhi dengan banner rencana revitalisasi

4 dari 13 halaman

Area pintu keluar dijadikan akses pintu masuk dan keluar pengunjung

5 dari 13 halaman

Area pembongkaran dikelilingi pagar pembatas dan hanya petugas yang bisa masuk area tersebut.

6 dari 13 halaman

Selain pagar pembatas, terdapat pembatas hijau yang harus menggunakan perlengkapan APD

7 dari 13 halaman

Mesin-mesin pembongkar bangunan sudah bekerja

8 dari 13 halaman

Proyek revitalisasi TIM masih dalam bentuk kerangka bangunan dengan truk yang berlalu lalang membawa bahan.

9 dari 13 halaman

Bahan bangunan bertumpukan tidak jauh dari area kerja

10 dari 13 halaman

Sisa puing bangunan yang masih berserakan

11 dari 13 halaman

Gedung yang sudah setengah terbongkar

12 dari 13 halaman

Terdapat jalur aman untuk pejalan kaki

13 dari 13 halaman

Seniman mendirikan posko save TIM di dalam gedung TIM

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.