Sukses

Megawati: Kalau Punya Anak Enggak Bisa Maju 2024, Jangan Dipaksa

Meski anak muda, Megawati meminta jangan ada seseorang yang memaksakan anak untuk maju di 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berbicara soal skala politik tahun 2024, yang menurutnya akan diisi anak muda.

Diketahui dalam 2024 akan ada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang mana tidak akan ada petahana yang maju. Hal ini disampaikan Megawati saat memberikan orasi di depan para bakal calon kepala dan wakil kepala daerah yang diusung PDIP dalam Pilkada 2020.

"Ini saya titip pesan. Nanti, ini kan ada hal yang sangat berubah di perpolitikan Indonesia ini. Satu, 2024 akan terjadi regenerasi. Benar, Kira-kira ini sudah gading away. Yang mesti maju itu, yang didorong itu anak-anak muda," kata Megawati di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Meski anak muda, dia meminta jangan ada seseorang yang memaksakan anak untuk maju di 2024.

"Tapi berhentilah, kalau kalian punya anak, anaknya itu enggak bisa. Jangan dipaksa-paksa. Jengkel loh saya. Lah iya lah, ngapain sih, kayak enggak ada orang. Kader itu ya anak kalian juga, gimana ya? Kalau enggak anakne, kalau enggak istrine, kalau enggak ponakane," tutur Megawati.

Dia menyadari bahwa dirinya akan ada yang mengaitkan dengan sosok Puan Maharani, putrinya sendiri. Namun, menurut Mega hal itu bisa dibuktikan dengan kemampuan Puan sendiri.

"Nanti pasti ada yang bilang, loh Ibu kan juga. Tapi kan saya membuktikan. Saya enggak pernah (memaksa). Saya hanya, anak saya kamu jadilah sesuai dengan apa yang kamu jalankan. Ada orang yang ngomong Mbak Puan jadi Ketua DPR, itu saya yang angkat-angkat. Mana mungkin. Memang suaranya (di Pileg) gede. Enggak ada yang bisa nahan," ungkap Megawati.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Disebut Hanya Kumpulan Keluarga

Dia pun menyindir pihak-pihak yang menyebut bahwa PDIP hanya kumpulan keluarga.

"Gimana sih, padahal kader-kader itu anak-anak kalian yang harusnya kalian lihat. Kamu benar-benar loh ya kerja, nanti kamu saya jadikan sekretaris kek, apa kek. Kan begitu. Sehingga partainya yang berkembang, jangan menjadi kelompok-kelompok keluarga," tutur Megawati.

Namun, Mega menegaskan bahwa 2024 nanti anak-anak muda yang akan maju.

"Tapi 2024, saya berkehendak, semuanya itu anak-anak muda yang maju. Sudah, cukuplah. Jangan pula mencari-cari tempat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.