Sukses

Kukuhkan Kekuatan Maritim, Indonesia Gelar Forum Pertemuan Angkatan Laut Dunia

Mutual Naval Exercise Komodo (MNEK) merupakan pertemuan dua tahun yang difasilitasi oleh Indonesia, dalam hal ini TNI Angkatan Laut, guna mempertemukan angkatan laut dari seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Mutual Naval Exercise Komodo (MNEK) merupakan pertemuan dua tahun yang difasilitasi oleh Indonesia, dalam hal ini TNI Angkatan Laut, guna mempertemukan angkatan laut dari seluruh dunia.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I TNI-AL, Letkol Laut (P) Fajar Tri Rohadi mengungkapkan, MNEK keempat ini merupakan sarana diplomasi militer TNI AL. Tahun ini perhelatan tersebut akan digelar di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Bangka Belitung.

"Kegiatannya dilaksanakan di wilayah Perairan Indonesia dalam bentuk kegiatan dan Latihan Bersama," kata Fajar di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Kegiatan ini, kata Fajar juga bertujuan untuk mempererat hubungan kerjasama angkatan laut antarnegara-negara peserta dengan titik fokus operasi militer selain perang yaitu operasi keamanan maritim, penanggulangan bencana dan operasi kemanusiaan.

"Latihan Komodo Exercise merupakan latihan nontempur yang kegiatannya fokus pada operasi keamanan maritim dan operasi kemanusiaan. Semangat MNEK adalah untuk mendorong stabilitas kawasan mempererat hubungan kerjasama militer, utamanya angkatan laut negara-negara peserta," jelas dia.

Fajar juga menyebut, MNEK merupakan bukti bahwa Indonesia merupakan negara maritim terbesar. Dalam acara tersebut Indonesia akan mempromosikan kepada dunia bahwa pihaknya merupakan negara poros maritim.

"Sekaligus sebagai ajang memperkenalkan wilayah perairan Indonesia sesuai dengan iklim pemerintah Indonesia kepada negara-negara lain sekaligus mengangkat potensi pariwisata dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia internasional," ungkap Fajar.

Fajar menerangkan, dalam rangkaian MNEK 2020 ini bukan hanya dilaksanakan latihan bersamaan tetapi juga diselenggarakan rangkaian kegiatan lainnya seperti Medical Civic Action Project (MEDCAP) dan Engineering Civic Action Project (ENCAP) yang pelaksanaannya di Jakarta dan di Belitung International Fleet Review (FR), Culture Performance, City Parade City Tour, Bilateral Meeting, Culinary Festival, Maritime Exhibition, Fun Run Fun Bike, serta olahraga bersama dengan seluruh angkatan laut negara peserta yang hadir.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Peserta Semakin Meningkat

Diketahui, MNEK pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 3 April 2014 di Kepulauan Riau, Anambas dan Laut Natuna diikuti 18 negara peserta. Sementara MNEK kedua dilaksanakan pada tanggal 11-16 April 2016 di Padang dan Kepulauan Mentawai diikuti 35 negara peserta.

Kemudian, MNEK Ketiga dilaksanakan pada tanggal 4 - 9 Mei 2018 di Pulau Lombok dan Pulau Nusa Penida diikuti 36 negara peserta, dan MNEK Keempat akan dilaksanakan di Jakarta dan Bangka Belitung pada bulan Agustus 2020 dengan tema kegiatan "Cooperation To Strengthen International Maritime Security".

Acara ini diikuti 54 negara peserta. Adapun 54 negara peserta yang diundang pada MNEK 2020 yaitu Australia Bangladesh Belarus, Brazil Brunei Darussalam, Cambodia, Canada, China, Chile, Czech Republic, Colombia, France, Fij, Germany, India, Iran, Iraq, Italy Japan, Kazakhstan, Laos dan Malaysia.

Kemudian Mexico Myanmar, Netherland, New Zealand, New Caledonia, Nigeria, North Korea, Oman, Palau, Papua New Guinea, Peru, Pakistan, Philippines Belanda, Portugal, Russia, Saudi Arabia, Singapore, South Africa, South Korea, Spain, Srilanka, Sweden, Thailand, Timor Leste, Tonga, Turkey, USA United Kingdom, UAE, Ukraine, dan Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.