Tiba di Halim Perdanakusuma, WNI dari Natuna Dikumpulkan di Terminal Selatan

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 15 Feb 2020, 16:05 WIB
Diperbarui 15 Feb 2020, 16:05 WIB
Mendarat di Batam, WNI dari Wuhan Langsung Disemprot Disinfektan

Liputan6.com, Jakarta - WNI dari Wuhan yang selesai observasi di Natuna, tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Mereka dinyatakan sehat setelah diobservasi selama 14 hari.

Setiba di Bandara Halim Perdanakusuma, mereka dikumpulkan di Terminal Selatan.

"Di Terminal Selatan. Mereka kumpul di haji, di Terminal Selatan," kata Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Menurut dia, 243 WNI itu dijemput oleh pemerintah daerah tempat asal WNI dari Wuhan. Juga ada Komisi IX DPR RI.

Tak ketinggalan, organisasi kesehatan dunia, WHO pun ikut menjemput WNI dari Wuhan.

"Saya dengan teman WHO menjemput dan mengantar ke Halim," kata Terawan.

2 dari 3 halaman

Ditunggu-tunggu

Mendarat di Batam, WNI dari Wuhan Langsung Disemprot Disinfektan
Sejumlah WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China berada di dalam pesawat Hercules sebelum menuju Natuna, Kepulauan Riau di bandara internasional Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020). (Photo by Handout/Indonesian Embassy/AFP)

Sebelumnya, sebanyak 243 WNI dari Wuhan yang diobservasi di Natuna diterbangkan ke Jakarta melalui Bandara Halim Perdanakusuma. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, Sabtu (15/2/2020) merupakan hari yang sangat dinanti ratusan WNI yang dipulangkan dari Wuhan akibat wabah Virus Corona.

"Mereka sangat menunggu-nunggu tanggal 15 Februari pukul 12.00 WIB ini, untuk membuka maskernya," kata Menteri Terawan soal WNI dari Wuhan, di Natuna, Sabtu.

Oleh karena itu, para WNI dari Wuhan ini terharu ketika hari itu tiba. Mereka sangat bahagia hingga keceriaannya menggema di Natuna. Hal tersebut terlihat dalam syukuran yang digelar di posko di Natuna.

"Ada yang terharu dan sebagainya ya. Jadi saya melihat kebahagiaan itu sampai saya ikut terenyuh, ikut berbahagia," ujar Menkes Terawan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓