Menkes: WNI dari Wuhan Bakal Jadi Duta Kesehatan di Kampungnya

Oleh Rita Ayuningtyas pada 15 Feb 2020, 13:41 WIB
Diperbarui 15 Feb 2020, 13:41 WIB
Menkes dan Dirut BPJS Kesehatan Rapat dengan DPR
Perbesar
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Rapat membahas polemik kenaikan iuran BPJS Kesehatan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Natuna - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan WNI dari Wuhan yang diobservasi di Natuna dalam kondisi sehat. Mereka dinyatakan sehat setelah diobservasi kesehatannya selama 14 hari di sana.

Terawan mengatakan, 243 WNI dari Wuhan ini akan menjadi duta kesehatan di wilayahnya masing-masing. Mereka akan menyosialisasikan hal-hal terkait virus Corona kepada masyarakat.

"Iya kan itu penting. Mereka jadi duta kesehatan di daerah masing-masing," ujar Menkes Terawan di Natuna, Sabtu (15/2/2020).

Para WNI dari Wuhan ini juga dibekali dengan surat sehat oleh pemerintah. Surat ini membuktikan mereka dalam kondisi sehat dan aman bersosialisasi dengan masyarakat.

"Iya ada," kata Andrea, salah satu WNI dari Wuhan yang berasal dari Kalimantan.

 

2 dari 3 halaman

Tak Sabar

Mendarat di Batam, WNI dari Wuhan Langsung Disemprot Disinfektan
Perbesar
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China saat tiba di bandara internasional Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020). Para WNI langsung ke luar pesawat untuk selanjutnya menuju Natuna, Kepulauan Riau. (Photo by Handout/Indonesian Embassy/AFP)

Sebanyak 243 WNI dari Wuhan yang diobservasi di Natuna diterbangkan ke Jakarta melalui Bandara Halim Perdanakusuma. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, Sabtu (15/2/2020) merupakan hari yang sangat dinanti ratusan WNI yang dipulangkan dari Wuhan akibat wabah Virus Corona.

"Mereka sangat menunggu-nunggu tanggal 15 Februari pukul 12.00 WIB ini, untuk membuka maskernya," kata Menteri Terawan soal WNI dari Wuhan, di Natuna, Sabtu.

Oleh karena itu, para WNI dari Wuhan ini terharu ketika hari itu tiba. Mereka sangat bahagia hingga keceriaannya menggema di Natuna. Hal tersebut terlihat dalam syukuran yang digelar di posko di Natuna.

"Ada yang terharu dan sebagainya ya. Jadi saya melihat kebahagiaan itu sampai saya ikut terenyuh, ikut berbahagia," ujar Menkes Terawan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓