Tanam Pohon di Merapi, Jokowi Tegaskan Komitmen Jaga Ekosistem

Oleh Lizsa Egeham pada 14 Feb 2020, 17:05 WIB
Diperbarui 14 Feb 2020, 17:05 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanam pohon di Gunung Merapi.

Liputan6.com, Magelang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanam pohon Pulai (Alstonia Scholaris) bersama warga saat mengunjungi Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hal ini merupakan salah satu upaya menjaga dan merawat ekosistem.

"Saya kira kita ingin memulai hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem, satwa, flora (dan) fauna, penanaman kembali reboisasi di kawasan kawasan yang sering banjir, tanah longsor," kata Jokowi di lokasi, Jumat (14/2/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meninjau kebun bibit yang dibangun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan warga setempat. Kebun bibit ini juga untuk rehabilitasi hutan dan lahan di Tamam Nasional Gunung Merapi.

Jokowi mengatakan bibit tersebut memiliki nilai ekonomi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. Contohnya, bibit jambu kristal, durian, kelengkeng, jengkol, hingga bambu petung yang digemari warga.

"Yang lain juga ini yang kita tanam di sini, pete ada fungsi hijau dan fungsi ekonominya juga ada. Ini durian yang saya senang, nanamnya senang makannya juga senang," tuturnya.

"Ini lengkeng jadi memang yang ditanam fungsi ekosistemnya fungsi hydronya juga ada tapi fungsi ekonominya juga ada. Ini yang disukai rakyat ini, jengkol. Ini bambu petung rakyat juga senang ini. Fungsi ekonominya kuat," sambung Jokowi.

Selain itu, dia juga mengatakan, bibit nangka juga banyak disenangi masyarakat sehingga bisa membawa nilai ekonomi yang tinggi. Selain bisa dimasak untuk gudeg, kayu nangka juga dapat dimanfaatkan untuk mebel.

"Ini sirsak juga bagus. Ini kronojiwo yang endemik di sini bagus juga untuk obat. Saya rasa itu," tutur Jokowi.

2 dari 3 halaman

Kenalkan Vetiver

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanam pohon di Gunung Merapi, Jumat (14/2/2020).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanam pohon di Gunung Merapi, Jumat (14/2/2020). (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Jokowi itu juga memperkenalkan tanaman vetiver atau akar wangi untuk mencegah terjadinya bencana tanah longsor dan banjir di sejumlah daerah. Vetiver adalah tanaman yang memiliki akar kuat yang dinilai mampu memperbaiki ekologi.

"Tadi kan sudah saya jelaskan tanam vetiver. Tanam juga tanaman yang fungsi hijaunya ada fungsi ekonominya juga ada. Itu yang akan terus saya dorong," jelas Jokowi.

Usai menanam pohon, dia menyempatkan untuk bersalam-salaman dengan warga setempat. Jokowi juga membagi-bagikan kaus yang langsung disambut antusias oleh para warga.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓