Sukses

DPR RI Akan Gelar Kenduri Kebangsaan, Temu Kangennya Warga Aceh

Yayasan Sukma dan Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR RI bersama DPD RI asal Aceh akan menggelar Kenduri Kebangsaan, acara bersatunya warga Aceh pada 22 Februari 2020.

Liputan6.com, Jakarta Kenduri Kebangsaan, acara bersatunya warga Aceh akan digelar Sabtu, 22 Februari 2020. Bertempat di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun, Aceh, acara ini digagas oleh Yayasan Sukma dan Forum Bersama (Forbes) anggota DPR RI dan DPD RI asal Aceh.

Tujuan diadakannya acara tersebut untuk membangun kembali semangat ke-Acehan, keislaman serta keindonesiaan. 

"Kedua, ingin mempersatukan seluruh elemen masyarakat Aceh," ungkap salah satu Steering Committee Kenduri Kebangsaan, Teuku Taufiqulhadi dalam Konferensi Pers Kenduri Kebangsaan, di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Taufiq pun menambahkan, acara ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait ke Acehan sebagai suatu warna dan kekayaan bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dikembangkan.

Menurut Ketua Forbes Muhammad Nasir Djamil, Kenduri Kebangsaan juga dinilai sangat penting. 

"Karena itu kami mengundang berbagai elemen masyarakat, termasuk insan media, agar dapat menyaksikan Kenduri Kebangsaan ini sebagai bagian dari momentum Pulang Kampung Membangun Aceh," ujar Ketua Forbes Muhammad Nasir Djamil.

Kenduri Kebangsaan, lanjut Nasir juga memiliki urgensi untuk meningkatkan kembali semangat masyarakat Aceh dan segenap elemen para pemangku kebijakan.

Termasuk di antaranya para ulama dan elite politik di Aceh agar dapat membangkitkan kembali posisi kesejarahan Aceh dalam konteks NKRI melalui keteladanan para pejuang Aceh.

"Karena itu seluruh elemen dan elite politik di Aceh harus membangkitkan kembali posisi kesejarahan Aceh dalam konteks NKRI melalui keteladanan yang pernah ditunjukkan para salafus shalih Aceh. Di sini kami melihat urgensi Program Pulang Kampung Membangun Aceh melalui Kenduri Kebangsaan. Semoga semua niat, persiapan, yang telah berjalan mendapat keridaan dari Allah SWT," lanjut Nasir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bireun Tempat Pendidikan Tertua di Aceh

Acara yang dilaksanakan dalam dua hari tersebut bertempat di Bireun. Pemilihan tempat tersebut tidak lain karena tempat ini pernah menjadi ibu kota pemerintahan RI pada saat kondisi pascakemerdekaan. Serta sebagai tempat pendidikan tertua di Aceh.

"Sekolah Sukma Bangsa (SSB) juga menempatkan Bireun sebagai tempat pertama pembangunan sekolah. Saat ini SSB memiliki tiga sekolah, yakni di Bireun, Pidie, dan Lhokseumawe," ungkap Direktur Eksekutif Yayasan Sukma, Ahmad Baedowi yang juga hadir dalam acara.

 

(Okti Nur Alifia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.