Transjakarta Siapkan 20 Bus Tambahan untuk Rekayasa KRL

Oleh Ika Defianti pada 13 Feb 2020, 10:30 WIB
Diperbarui 13 Feb 2020, 10:30 WIB
BP Jamsostek Targetkan 23,5 Juta Tenaga Kerja Baru Masuk Daftar Kepesertaan

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meminta masyarakat pengguna KRL commuter line tidak khawatir dengan adanya rekayasa rute yang dimulai malam nanti. Sebab, pihaknya menyiapkan 20 bus tambahan untuk mengantar pelanggan KRL commuter.

Perjalanan kereta KRL commuter line rute Stasiun Jakarta Kota akan direkayasa selama 11 hari yakni mulai Kamis 13 Februari 2020 hingga Minggu 23 Februari 2020 karena pergantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo menyebut, penambahan armada disiapkan pada jam sibuk dengan masa tunggu 5 menit.

"Pukul 06.00-09.00 WIB dan pukul 17.00-20.00 WIB selama 10 hari ke depan," kata Nadia dalam keterangan tertulis, Rabu 12 Februari 2020.

Dia menjelaskan, Transjakarta memiliki delapan rute khusus yang melintas di Stasiun Manggarai. Selain itu, ada penambahan rute lain seperti Bekasi Timur.

Untuk bus yang digunakan yakni tipe bus single highdeck berkapasitas 29 orang duduk dan 36 berdiri dan 1 kursi roda.

"Jadi pelanggan KCI tidak perlu khawatir. Transjakarta sudah siapkan rencana operasi antar-jemput pelanggan KCI untuk tetap sampai ke tujuannya dari stasiun stasiun pemberhentian yang telah ditentukan KCI selama masa perawatan berlangsung," ujar Nadia.

2 dari 3 halaman

Rute yang melintas di Stasiun Manggarai:

Penumpang Transjakarta
Calon penumpang menunggu bus Transjakarta di halte Tosari, MH Thamrin, Jakarta, Kamis (26/7). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim jumlah penumpang Transjakarta meningkat hingga 10 persen. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Berikut rute-rute yang melintas di Stasiun Manggarai:

1. Layanan 4 rute Pulogadung-Tosari

2. Layanan 4B rute Stasiun Manggarai-Universitas Indonesia

3. Layanan 4D rute Pulogadung-Patra Kuningan

4. Layanan 4H rute Pulogadung-Ragunan

5. Layanan Layanan 6F rute Ragunan-Stasiun Manggarai

6. Layanan 6M rute Stasiun Manggarai-Blok M

7. Layanan B23 rute Bekasi Timur-Manggarai

8. Layanan M4 rute Pulogadung-Dukuh Atas

Sebelumnya, perjalanan kereta commuter line rute Stasiun Jakarta Kota Rekayasa itu terkait dengan adanya pergantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota.

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba menyebut akibat rekayasa itu perjalanan dari Stasiun Cikarang/Bekasi dan Depok/Bogor tujuan Stasiun Jakarta Kota hanya sampai Stasiun Manggarai.

Kemudian kereta akan kembali ke Stasiun Depok/Bogor dan Bekasi/Cikarang. Dia menyebut tidak semua rute perjalanan mengalami rekayasa.

"Total 281 perjalanan KRL Depok/Bogor dan Cikarang/Bekasi dengan tujuan Jakarta Kota maupun sebaliknya, terdapat 45 perjalanan yang akan mengalami rekayasa pola operasi," kata Anne dalam keterangan tertulis, Selasa 11 Februari 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓