Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Guncangkan 4 Wilayah Indonesia

Gempa hari ini mengguncang 4 wilayah Indonesia diantaranya terjadi di Kabupaten Nabire, Lampung Selatan, Mandailing Natal, Banggaikep

Liputan6.com, Jakarta Gempa hari ini mengguncang empat wilayah Indonesia. Hingga pukul 21.35 WIB, Rabu (12/2/2020), lindu terjadi di Kabupaten Nabire, Papua. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa berpusat di laut dengan magnitudo 4,1.

Sementara, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, digoyang gempa yang berpusat di darat dengan magnitudo 3,4. Getarannya terasa dalam skala II Modified Mercalli Intensity (MMI) di Kabupaten Merak, Banten.

Selanjutnya, gempa pun terasa di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara pada magnitudo 4.5 Lalu, gempa berkekuatan 5,0 magnitudo terjadi di Banggaikep, Sulawesi Tengah.

Hingga kini belum ada informasi resmi dari BMKG terkait potensi tsunami maupun dampak yang ditimbulkan akibat gempa.

Berikut ini empat gempa hari ini yang menggoyang Indonesia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nabire

Gempa di Kabupaten Nabire, Papua, berpusat di laut atau 14 kilometer bagian Barat Laut Nabire pada pukul 02:40:50 WIB.

Lokasi gempa terletak pada koordinat 3,31 Lintang Selatan (LS) dan 135,38 Bujur Timur (BT) dengan kekuatan magnitudo 4,1.

3 dari 5 halaman

Lampung Selatan

Gempa di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, berpusat di darat atau 24 kilometer bagian tenggara Lampung Selatan pada pukul 10:06:04 WIB.

Lokasi gempa terletak pada koordinat 5,87 Lintang Selatan (LS) dan 105,75 Bujur Timur (BT) dengan kekuatan magnitudo 3,4.

Getarannya terasa dalam skala II Modified Mercalli Intensity (MMI) di Panengahan Lampung Selatan, Ciwandan Cilegon dan Merak.

4 dari 5 halaman

Mandailing Natal

Gempa di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, berpusat di laut atau 69 kilometer bagian barat daya Mandailing Natal pada pukul 12:55:10 WIB.

Lokasi gempa terletak pada koordinat 0,82 Lintang Utara (LU) dan 98,94 Bujur Timur (BT) dengan kekuatan magnitudo 4,5.

Getarannya terasa dalam skala I sampai II di Pantai Natal.

5 dari 5 halaman

Banggaikep

Gempa di Kabupaten Banggaikep, Sulawesi Tengah, terjadi di 90 kilometer bagian barat daya Banggaikep pada pukul 17:04:26 WIB.

Lokasi gempa terletak pada koordinat -191 Lintang dan 122,49 Bujur dengan kekuatan magnitudo 5,0.

 

(Okti Nur Afilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Bumi