Sukses

Contoh Singapura, Pemprov DKI Anggarkan Rp 44 Miliar untuk Robot Pemadam Kebakaran  

Satriadi mengatakan, tiga robot pemadam yang akan dibeli merupakan mobil penyelamatan atau rescue.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta berencana membeli tiga robot pemadam kebakaran pada 2020. Anggaran yang digunakan mencapai Rp 44 miliar.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyebut tiga robot tersebut merupakan mobil penyelamatan atau rescue.

"Mobil di dalam ada robotik, jadi kelihat mahal karena ada mobil, ada robotiknya," kata Satriadi saat dihubungi, Rabu (12/2/2020). 

Berdasarkan situs web apbd.jakarta.go.id, alat yang akan dibeli Dinas Gulkarmat tersebut bernama rescue truck unit dengan harga satuan Rp 13,6 miliar. Lalu, dalam anggaran tersebut juga dikenakan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk tiga alat itu yakni Rp 4,09 miliar.

Satriadi menyatakan pengadaan tersebut mencontoh Singapura yang memiliki alat pemadam kebakaran tersebut.

"Kita belajar dari Singapura, punya LRT MRT, peralatan standarisasi ya segitu," ucap dia. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemadam di LRT

Selain itu, dia juga menyebut pihaknya telah menyediakan alat pemadam kebakaran pula khusus di LRT apapun MRT.

Alat itu dapat menjangkau lokasi yang memiliki resiko tinggi. "Dia masuk dalam gorong-gorong, dia untuk kemanan anggota perlu peralatan anggota perlu robotik dikontrol dari luar," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.