Sukses

Pemprov DKI: Lintasan Formula E di Monas Tidak Permanen

Rencananya perhelatan Formula E di Jakarta diselenggarakan selama lima tahun berturut-turut, yakni mulai 2020 hingga 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyebut lintasan untuk balap mobil listrik atau Formula E belum tentu di Monas untuk setiap tahunnya. Rencananya perhelatan Formula E di Jakarta diselenggarakan selama lima tahun berturut-turut, yakni mulai 2020 hingga 2024.

"Tapi kita bisa membuat lintasan bukan hanya di Monas. Jadi selama lima tahun di Monas dua kali, lainnya ke mana, selama lima tahun bisa pindah-pindah," kata Hari saat dihubungi, Rabu (12/2/2020).

Untuk lintasan di Monas, dia menyebut batu alam atau cobblestone akan dilapisi aspal dan tidak permanen. Sehingga lintasan Formula E di Monas nanti akan berlaku bongkar pasang.

"Batu alam atau cobblestone yang di Monas akan dilapisi aspal (hotmix) dan tidak permanen. Sehingga dapat dibongkar ketika perhelatan itu telah selesai.

Dia juga menyebut saat perhelatan di Roma, Italia ataupun Meksiko juga melapisi cobblestone nya dengan aspal.

"Makanya daripada bongkar, lama,waktu ini, jadi lapis aja. Kalau bongkar butuh waktu lagi," jelasnya.

Rencananya pengerjaan infrastruktur tersebut dilakukan mulai Minggu depan. Sebab lintasan Formula E harus selesai dua bulan sebelum penyelenggaraan.

"Kalau kontruksi, iya mungkin direncanakan Minggu depan sudah mulai action," jelasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Tidak Diizinkan

Sebelumnya, perhelatan Formula E sempat terkendala perizinan tempat yang semula direncanakan akan diselenggarakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka melarang Pemprov DKI menggelar balap mobil listrik itu di kawasan Monas.

Namun belakangan, Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka akhirnya memperbolehkan Formula E dihelat di area Monas. Rencananya, Jakarta akan menjadi tuan rumah acara Formula E pada Juni 2020 nanti.

Izin mengenai penyelenggaraan Formula E di kawasan Monas tertera dalam surat Nomor B-3/KPPKKM/02/2020 yang diteken Menteri Sekretaris Negara yang juga Ketua Komisi Pengarah Medan Merdeka, Pratikno. Surat itu ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.