Amien Rais Beri Wejangan ke Peserta Kongres PAN di Kendari

Oleh Liputan6.com pada 11 Feb 2020, 12:20 WIB
Diperbarui 11 Feb 2020, 12:20 WIB
Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020).

Liputan6.com, Kendari - Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, digelar tertutup dan dimulai sekitar pukul 11.00 WITA. Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais pun hadir dalam rapat tersebut.

Politikus PAN Muslim Ayub menyampaikan, Amien Rais akan memberikan pengarahan kepada seluruh kader PAN peserta kongres.

"Sekarang Pak Amien Rais lagi di ruangan memberikan wejangan, masukan, kepada peserta itu. Asal jangan terjadi hal yang mencoreng kongres kita ini ke arah yang tidak baik, begitu," tutur Muslim di lokasi, Selasa (11/2/2020).

Menurut Muslim, rapat kongres menjadi lokasi yang tepat Amien Rais memberikan nasihat. Sebab memang hal itu diperuntukkan kepada kader PAN, bukan masyarakat umum.

"Nggak ada kemarin (saat pembukaan Kongres PAN) juga Pak Amien bagaimana Pak Amien memberikan tausiyah kalau voter (peserta kongres) tidak ada (keseluruhan). Ini kan ajang kongres, tausiyah itu memang disampaikan kepada peserta bukan kepada rakyat yang tidak mempunyai hak pilih," jelas dia.

Pembukaan Kongres PAN dilaksanakan di Lapangan MTQ Kendari dengan gelaran pesta rakyat. Tiga Caketum PAN yakni Zulkifli Hasan, Asman Abnur, dan Dradjad Wibowo hadir di sana, sementara Mulfachri Harahab absen.

"Urgensinya adalah ketidakhadiran beliau itu memang tidak ada, gimana ya, seandainya Mulfachri tidak hadir itu tidak jadi persoalan. Dia kan bukan peserta juga, tapi dia kandidat. Tetapi karena di kubu sebelah juga tidak hadir sebagian (voters), di kubu B juga tidak hadir, makanya dia melihat juga. kemarin kalau memang kedua kubu itu hadir, dia hadir," Muslim menandaskan.

2 dari 3 halaman

Lokasi Kongres Didominasi Kubu Zulhas dan Mulfachri

Suasana di Kongres PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara.
Suasana di Kongres PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Lokasi Kongres PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara sudah ramai para kader sejak pagi hari. Suasana pun didominasi para pendukung calon Ketua Umum (Caketum) PAN Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (11/2/2020), suasana pun sempat kembali memanas saat massa saling meneriakkan dukungan terhadap caketum yang didukungnya.

"Lanjutkan," teriak massa pendukung Zulkifli Hasan.

Tidak terima dengan itu, massa pendukung Mulfachri menimpali. Nada suaranya dibuat lebih lantang.

"Apa lanjutkan, lanjutkan. Mulfachri menang," balasnya.

Kongres PAN sendiri digelar tertutup dan dimulai sekitar pukul 11.00 Wita. Awak media dilarang memasuki ruangan rapat.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓