Lokasi Kongres PAN Didominasi Massa Zulhas dan Mulfachri

Oleh Nanda Perdana Putra pada 11 Feb 2020, 12:09 WIB
Diperbarui 11 Feb 2020, 12:09 WIB
Suasana di Kongres PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Liputan6.com, Kendari - Lokasi Kongres PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara sudah ramai para kader sejak pagi hari. Suasana pun didominasi para pendukung calon Ketua Umum (Caketum) PAN Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (11/2/2020), suasana pun sempat kembali memanas saat massa saling meneriakkan dukungan terhadap caketum yang didukungnya.

"Lanjutkan," teriak massa pendukung Zulkifli Hasan.

Tidak terima dengan itu, massa pendukung Mulfachri menimpali. Nada suaranya dibuat lebih lantang.

"Apa lanjutkan, lanjutkan. Mulfachri menang," balasnya.

Kongres PAN sendiri digelar tertutup dan dimulai sekitar pukul 11.00 Wita. Awak media dilarang memasuki ruangan rapat.

Berdasarkan informasi, baru 10 menit dibuka oleh pimpinan Steering Committee (SC), peserta Kongres PAN langsung melakukan interupsi. Bahkan terjadi saling lempar air mineral gelas. Hingga pukul 12.00 Wita, sidang kemudian diskors dengan batas waktu yang belum diketahui.

 

2 dari 3 halaman

Rapat Bahas Sejumlah Poin

Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020).
Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). (Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu)

Partai Amanat Nasional (PAN) memulai rangkaian Kongres V PAN dengan sidang pleno pertama. Kongres V PAN ini digelar di Hotel Claro Kendari, Sulawesi Tenggara, 10-12 Februari 2020.

Wasekjen PAN Soni Sumarsono mengatakan, sidang dibuka pada pukul 11.00 Wita oleh Ketua Steering Committee (SC) sekaligus sekjen PAN Eddy Soeparno.

"Ketua SC didampingi para anggota SC antara lain Farhan Hamid, Saleh Daulay, Totok Daryanto, M Najib dan lain-lain," kata dia, di Hotel Claro Kendari, Selasa (11/2/2020).

Hadir dalam pleno pertama, lanjut Soni, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Soetrisno Bachir, dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais juga hadir di ruang sidang. Caketum PAN Mulfachri Harahap dan Asman Abnur juga tampak di ruang sidang.

"Pak Amien Rais juga hadir dan Bendum (bendahara umum) PAN Nasrullah. Mulfahri Harahap, Hatta Rajasa juga hadir di ruang sidang," lanjut dia.

Dia menjelaskan, sidang pleno pertama memang bersifat tertutup. Poin-poin yang akan dibahas dalam sidang di kongres PAN, antara lain materi draf tata tertib kongres, draf acara, dan draf materi.

Juga dibahas dalam sidang, draf AD/ART, draf azas plaftorm PAN, draf garis perjuangan partai, draf program kerja, dan draf kebijakan partai.

"Dan draf tata tertib pemilihan ketua formatur dan anggota formatur dan draf pemilihan Ketua MPP," jelas dia.

Setelah dibuka oleh Eddy Soeparno, sidang kemudian dilanjutkan dipimpin oleh Ahmad Farhan Hamid yang merupakan anggota SC senior.

"Sebelum mengawali sidang Ahmad Farhan Hamid berpesan agar peserta sidang tetap bersatu meskipun dalam perbedaan dan tetap gembira," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓