Sukses

Belasan Pejabat Tinggi Polri Resmi Serah Terima Jabatan

Sertijab tersebut merupakan bentuk rotasi kepimpinan dalam tubuh Polri yang termaktub dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/385-388/II/KEP./2020 tertanggal 3 Februari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan atau sertijab sejumlah pejabat tinggi Polri, Selasa (11/2/2020).

Sertijab tersebut merupakan bentuk rotasi kepimpinan dalam tubuh Korps Bhayangkara yang termaktub dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/385-388/II/KEP./2020 tertanggal 3 Februari 2020.

Pada upacara tersebut, Idham Azis memimpin para pejabat tinggi Polri yang dilantik itu untuk melafalkan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Idham menuturkan sumpah yang diikuti para pejabat yang akan dilantik, Ruang Rapat Utama, Mabes Polri, Jakarta.

Adapun pejabat tinggi Polri yang dilantik dalam kesempatan itu adalah Kadivhubinter Polri Irjen HS Maltha yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Ada juga Brigjen Pol Napoleon Bonaparte yang mengisi posisi yang ditinggalkan Maltha. Napoleon sebelumnya menjabat sebagai NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri.

Ada juga sejumlah kapolda yang mengalami pergeseran jabatan. Antara lain, Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Posisi Kapolda Kalbar yang kosong diisi oleh Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulut.

Selain itu, Kapolri menunjuk Irjen Royke Lumowa yang sebelumnya merupakan Kapolda Maluku untuk menempati kursi Kapolda Sulut. Kemudian Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharudin Djafar diangkat untuk menempati jabatan yang ditinggalkan Royke.

Kapolda Aceh Irjen Rio Septianda Djambak dimutasi menjadi Kepala Sespim Lemdiklat Polri. Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Rikwanto diangkat sebagai Kapolda Malut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mutasi di Bareskrim

Sementara di lingkungan Bareskrim Polri, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis juga merotasi jajarannya di antaranya Direktur Tipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto ditugaskan di Badan Narkotika Nasional.

Posisi yang ditinggalkan Eko selanjutnya diisi oleh Kombes Krisno Halomoan Siregar yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Tipid Narkoba Bareskrim.

Surat TR tersebut ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri mewakili Kapolri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.