Tiba di Lokasi Kongres PAN, Mulfachri Enggan Klaim Jumlah Dukungan

Oleh Liputan6.com pada 10 Feb 2020, 15:24 WIB
Diperbarui 10 Feb 2020, 15:24 WIB
Mulfachri Harahap

Liputan6.com, Kendari - Calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Mulfachri Harahap enggan mengklaim jumlah dukungan yang dia kantongi. Hal ini berkaitan dengan suksesi calon Ketua Umum yang bakal ditentukan dalam Kongres V PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Saya tidak mau nyebut angkalah," ujar dia di Hotel Claro, Kendari, Senin (10/2/2020).

Sebab, menurut dia, hal tersebut bisa saja menimbulkan kesimpangsiuran informasi yang muncul di masyarakat. Diketahui, caketum lain pun punya klaim soal dukungan yang mereka dapat.

"Nanti angka kamu adu dengan angka, sana nanti ke voter yang tadinya cuma 590 sekian bisa jadi 1.000 kan sudah lewat," tegas dia.

Sebelumnya, caketum PAN Mulfachri Harahap maju mengusung paket bersama Hanafi Rais sebagai Sekjen di Kongres V PAN pada 10-12 Februari mendatang. Dalam upayanya mendulang suara, Mulfachri-Hanafi klaim telah didukung 298 pemilik suara Kongres PAN.

Mereka mengumpulkan 298 voters di Hotel Purnama, Batu, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/2/2020). Hal itu diungkapkan Sekretaris Tim Pemenangan Mulfachri-Hanafi, Ahmad Yohan.

"Dukungan 298 voters ini adalah berdasarkan registrasi kehadiran voters dari DPW dan DPD PAN se-Indonesia. Berdasarkan data riil mutakhir, yang sudah hadir di Batu, Malang ada 298 voters. Karena berdasarkan korwil kami yang tersebar di 34 DPW PAN, masih ada konfirmasi kehadiran voters. Ada yang baru tiba di Surabaya tanggal 7-8 Februari 2020," kata Ahmad Yohan kepada wartawan.

Dia pun mengharapkan Kongres V PAN dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Kalaupun dalam pelaksanaan Kongres ada beda pendapat, khususnya antara pendukung masing-masing Caketum, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

"Bahwa ya ada riak-riak kecil seperti yang teman-teman dengar itu. Itu sesuatu yang wajar menurut saya," kata dia.

2 dari 3 halaman

Berharap Kongres Kondusif

Mulfachri sendiri memang sudah berada di lokasi Kongres PAN di Kendari sejak Senin pagi. Menurutnya, perbedaan pendapat dalam sebuah gelaran akbar adalah hal yang lumrah.

"Bahwa ya ada riak-riak kecil seperti yang teman-teman dengar itu. Itu sesuatu yang wajar menurut saya, seperti yang saya sampaikan berkali-kali, dalam sebuah pesta besar kalau ada satu dua piring pecah saya kira itu hal yang wajar dan tidak merusak kemeriahan pesta," kata Mulfachri di lokasi sebelum ricuh massa terjadi.

Dia berharap, Kongres PAN di Kendari dapat berjalan dengan kondusif. Sudah menjadi keharusan bahwa seluruh peserta mengawal kegiatan tersebut dan menjadikan kondisinya aman terkendali.

"Kongres resmi sudah memutus bahwa tempat penyelenggaraan kongres adalah Kendari, walaupun awalnya kita keberatan tapi ya sudah urusan seperti itu kita sudah sepakati. Kemudian tempat penyelenggaraannya di Hotel Claro dan juga disepakati seluruh proses registrasi adanya di tempat ini. Jadi semua hal yang dilakukan di luar hotel ini ilegal," Mulfachri menandaskan.

Adapun batas waktu pendaftaran calon Ketua Umum PAN adalah hari ini pukul 17.00 Wita. Sudah ada tiga orang yang mendaftar pada tanggal 8 Februari 2020, yakni Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Drajad Wibowo.

Sementara, petahana Zulkifli Hasan belum juga tampak mendaftarkan diri.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu/Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓