Sukses

Pemprov DKI Gelar Operasi Pasar Cabai dan Bawang di 22 Lokasi

Anies menyebut operasi pasar dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, menekan laju inflasi, pengendalian kenaikan harga.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka kegiatan Operasi Pasar (OP) Cabai Rawit Merah, Cabai Merah Keriting, dan Bawang Putih di Toko Tani Indonesia Centre Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020) pagi. Sebanyak 22 kendaraan membawa 500 kg bawang putih dan 250 kg cabai akan didistribusikan ke 22 pasar di wilayah DKI Jakarta.

Harga yang akan dijual dalam OP juga murah, yakni bawang putih seharga Rp 30.000 per kilogram dan cabai rawit merah seharga Rp 35.000 per kilogram.

Menurut Anies, operasi pasar dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, menekan laju inflasi, pengendalian kenaikan harga, serta memastikan ketiga stok bumbu cukup.

"Pagi ini kita menyaksikan pemberangkatan 22 kendaraan yang akan melakukan operasi pasar. Jakarta memiliki ketergantungan pasokan pangan pada wilayah di luar Jakarta. Di sisi lain, harga yang terjadi di Jakarta memiliki implikasi nasional. Pada saat harga mengalami kenaikan, di situlah negara hadir dengan membawa pasokan tambahan untuk membuat harga menjadi stabil kembali," kata Anies dalam keterangan.

Dia menambahkan, intervensi yang dilakukan pihkanya dalam bentuk operasi pasar pasokan untuk cabai merah dan bawang putih. Hal ini sebagai bagian untuk menstabilkan harga. "Dan insyaAllah dengan operasi yang dilakukan ini, harga di Jakarta bisa lebih stabil," ujar dia. 

Anies juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian RI melalui Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian atas kerja samanya telah bersinergi dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya Tbk dalam melaksanakan Operasi Pasar.

Mantan Mendibkud itu berharap kegiatan Operasi Pasar ini sukses menjangkau bukan hanya pada 22 pasar, tetapi juga ke seluruh pasar-pasar di Jakarta dan tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan wirausaha kuliner UMKM.

"Jadi tujuan paling akhir bukan sekadar harga pasarnya yang stabil, tapi keluarga di Jakarta merasakan ketenangan dan kesejahteraan, karena kebutuhan pokoknya harganya terprediksi dan stabil. Harapannya, seluruh kawasan di Jakarta mendapatkan pasokan kebutuhan pokok secara stabil, harganya stabil, keluarganya bahagia," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi 22 Pasar

Adapun ke 22 (dua puluh dua) Pasar tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pasar Tomang Barat

2. Pasar Kramat Jati

3. Pasar Tanah Abang

4. Pasar Jatinegara

5. Pasar Kebayoran Lama

6. Pasar Klender SS

7. Pasar Senen

8. Pasar Anyer Bahari

9. Pasar Glodok

10. Pasar Johar Baru

11. Pasar Tebet Barat

12. Pasar Pondok Labu

13. Pasar Koja Baru

14. Pasar Gondangdia

15. Pasar Mampang Prapatan

16. Pasar Petojo Ilir

17. Pasar Kelapa Gading

18. Pasar Cijantung

19. Pasar Pulogadung

20. Pasar Pal Merah

21. Pasar Metro Atom

22. Pasar Minggu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.