Sukses

Jokowi Akan Menggelar 2 Agenda Utama di Canberra Hari Ini

Presiden akan langsung kembali ke Indonesia pada hari Senin dan tiba kembali di Jakarta pada malam harinya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memulai kunjungan kenegaraan di Canberra, Australia dengan melakukan sejumlah agenda, Minggu (9/2/2020).

Selama di Canberra Presiden akan melakukan dua kegiatan utama, yaitu kunjungan kenegaraan dan menghadiri Annual Leaders Meeting (ALM) yang terakhir dilaksanakan di Bogor pada 31 Agustus 2018.

Agenda lainnya adalah untuk membicarakan implementasi kerja sama ekonomi, khususnya terkait dengan Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) yang telah diratifikasi pada 6 Februari 2020 di DPR.

Selain itu, Jokowi akan menyampaikan visi kemitraan Indonesia dan Australia dalam 30 tahun ke depan di parlemen Australia. Kunjungan ini juga untuk memperkuat kerja sama pembangunan di kawasan Indo-Pasifik dan Pasifik Selatan dan menunjukkan solidaritas atas kebakaran lahan di Australia.

Presiden akan langsung kembali ke Indonesia pada hari Senin (10/2/2020) dan tiba kembali di Jakarta pada malam harinya.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan ke Australia, antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut WNI di Canberra

Sebelumnya, Presiden Jokowi tiba di Canberra, Australia untuk memulai rangkaian kunjungan kenegaraan pada hari Sabtu (8/2/2020). Presiden tiba sekitar pukul 20.45 waktu setempat di Bandar Udara Defence Establishment Fairbairn menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

"Yang sudah pasti akan bertemu dengan Gubernur Jenderal Australia David Hurley pada hari Minggu," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Canberra, Australia.

Setelah itu, Presiden dan rombongan menuju hotel tempat bermalam selama berada di Canberra.

Setibanya di hotel, ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Canberra dan sekitarnya menyambut kedatangan Kepala Negara dengan riuh hingga area luar hotel.

Presiden pun menghampiri mereka untuk menyapa dan melayani permintaan swafoto.

Tampak menyambut ketibaan Presiden di hotel, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.