Sukses

BMKG: Intensitas Hujan Tinggi 10 Hari ke Depan

BMKG menyebut salah satu wilayah yang terdampak adalah DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan intensitas hujan di sejumlah wilayah Indonesia dalam kurun waktu 10 hari ke depan cukup tinggi. Salah satu wilayah yang terdampak adalah DKI Jakarta.

"Pada Februari I (Dasarian I) wilayah yang diparkirkan mengalami hujan kategori tinggi berada di Sumbar bagian selatan, Bengkulu, Sumsel bagian barat, DKI Jakarta, Jabar, Jateng bagian tengah," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Yogyakarta melalui telekonferens di Gedung BMKG, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Selain wilayah tersebut, Dwikorita menambahkan wilayah Kalimantan Barat bagian utara, Sumatera Selatan bagian utara, dan Papua bagian tengah.

Menurut dia, berdasarkan analisis distribusi hujan BMKG, 99 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan. Sementara satu persennya justru mulai masuk musim kemarau.

"Wilayah tersebut terutama di Provinsi Riau bagian timur, Sumatera Utara bagian timur dan Aceh bagian timur justru memasuki musim kemarau," terang Dwikorita.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fenomena Alam

Menurut dia, adanya fenomena glombang atmosfer baik Kelvin Wave maupun Equatorial Rossby, MJO atau Osilasi Madden–Julian, dan Angin Monsun Timur berperan cukup besar untuk meningkatkan intensitas hujan tersebut.

"Berkontribusi cukup signifikan dalam proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia. Selain itu, kondisi suhu muka laut yang hangat dapat meningkatkan massa uap air secara total," ungkap dia.

Sementara itu, Dwikorita memprakirakan sepanjang Februari ini intensitas hujan di wilayah Indonesia rata-rata 50 hingga 150 milimeter perdasarian.

"Umumnya diparkirkan berada di kriteria menengah (sepanjang Februari)," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Hujan