Sukses

Hadiri Festival Cap Go Meh, Anies: Persatuan Hidup dengan Subur

Anies ditemani ditemani Ketua Umum Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Teddy Sugianto dan langsung disambut warga yang datang di Festival Cap Go Meh.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Festival Cap Go Meh 2571 yang digelar di Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (8/2/2020).

Pantauan Liputan6.com, Anies mengenakan baju Cheongsam khas Tionghoa berwarna hijau. Dia ditemani Ketua Umum Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Teddy Sugianto dan langsung disambut warga yang datang.

Anies mengatakan, perayaan cap go meh ini bentuk dari keberagaman di Indonesia.

"Ini yang harus kita terus hidupkan dan kita jaga kebhinekaan. Keberagaman adalah suratan Tuhan. Satu atau tidak adalah pilihan kita dan bangsa ini berhasil bersatu dalam satu kesatuan," kata Anies di lokasi.

Selain itu, Anies mengharapkan perayaan cap go meh dapat menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Berharap bahwa ini menjadi salah satu pusat di mana masyarakat maupun internasional hadir di Jakarta menyaksikan betapa persatuan hidup di tempat ini dengan subur," kata Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perayaan Imlek

Sebelumnya, menyambut Tahun Baru Imlek 2571, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar beragam acara di beberapa ruang publik.

Perayaan Imlek ini berlangsung pada 15 Januari hingga 9 Februari 2020 dan merupakan wujud dari akulturasi kebudayaan di Jakarta.

"Perayaan Imlek tahun ini, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan komunitas dan warga turut memeriahkan Tahun Baru Imlek dengan suka cita. Perayaan ini adalah hasil dari akulturasi kebudayaan yang masuk ke Jakarta dan telah menjadi bagian dari kita semua," ujar Hendra Hidayat, Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Adapun rangkaian kegiatan yang dihadirkan Pemprov DKI Jakarta dalam menyambut Tahun Baru Imlek ini sebagai berikut:

Chinese Food Festival, Tanjidor dan Gambang Kromong, Dekorasi Ornamen Perayaan Imlek dan Sejarah 12 Shio, Lampion Kolaborasi dan Wishing, Wayang Potehi, Penampilan Koko Cici, Stand Up Comedy, Festival Peranakan (Bakmie Legendaris dan makanan khas Peranakan), serta penampilan Wushu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Cap Go Meh adalah akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa.

    Cap Go Meh

  • Cap Go Meh 2020