Sukses

Maluku 2 Kali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5 Siang Ini

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan.

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku dua kali diguncang gempa bumi, Sabtu (8/2/2020). Gempa pertama terjadi pada pukul 13:36:45 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,6.

Badan Meteorologi, Klimatoogi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, lokasi gempa berada di 75 km barat laut Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku atau pada titik 2.82 lintang selatan (LS)-129.87 bujur timur (BT).

Gempa dengan kedalaman 12 km itu dipastikan tidak berpotensi tsunami. Namun gempa dapat dirasakan di beberapa wilayah antara lain, Kabisonta dengan skala IV MMI dan Kairatu dengan skala II MMI.

Gempa kedua terjadi dengan kekuatan yang sedikit lebih rendah, yakni magnitudo 5. Gempa susulan itu terjadi pada pukul 13.:51:42 WIB. 

Lokasi gempa berada di 70 km barat laut Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku atau pada titik 2.85 LS-129.91 BT. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Gempa Susulan

Gempa dengan kedalaman 11 km ini juga dipastikan tidak berpotensi tsunami. Namun BMKG memperingatkan masyarakat mewaspadai potensi gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG di laman resminya.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan terkait dampak gempa bumi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Maluku

  • Gempa Seram Bagian Timur