Pesan Megawati untuk Taruna-taruni Akmil Malang

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 07 Feb 2020, 20:42 WIB
Diperbarui 07 Feb 2020, 20:42 WIB
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri memberikan pesan kepada taruna-taruni Akademi Militer Magelang. Dia meminta agar taruna-taruni menanamkan semangat bela negara di hati.

Hal ini disampaikan saat memberikan kuliah umum, usai meresmikan patung Presiden pertama RI Sukarno.

Kala itu, dia meminta salah satu taruna untuk maju ke depan menjawab pertanyaannya. Taruna tersebut bernama Firdaus asal Aceh Tengah.

"Pertanyaannya, kenapa mau masuk Akmil? Apakah karena di sini gratis atau mau bela negara? Jangan ada yang bisikin. Masak apa-apa ada yang bisikin? Dari hati nurani kamu sendiri," tanya Megawati di Gedung Moch Lily Rochli, Kompleks Akmil, Mertoyudan, Magelang, Jumat (7/2/2020).

Taruna itupun menjawab karena ingin membela negara. Jawaban itu membuat puas Ketua Dewan Pengarah BPIP.

Meski demikian, Megawati mengingatkan, tantangan sebenarnya adalah setelah mereka lulus dan turun ke lapangan untuk membuktikan apa yang telah diucapkan.

"Sekarang, kalau masuk ke lapangan, akan makin sulit. Dan di situlah pertarungan jiwa kita untuk bertahan tadi. Dedikasi keyakinan, bahwa mau membela negara," ungkap Megawati.

 

2 dari 3 halaman

Tak Hanya di Pikiran

Prabowo Dampingi Megawati Resmikan Patung Sukarno di Magelang
Prabowo Dampingi Megawati Resmikan Patung Sukarno di Magelang (Liputan6/Putu Merta)

Dia juga sempat menyinggung soal adanya istri prajurit TNI yang terpapar radikalisme. Oleh karena itu, Megawati meminta semangat bela negara itu didedikasikan. Bukan hanya dipikirkan.

"Dedikasi itu harus selamanya. Tidak dengan berpikir. Jadi kalau ditanya akan spontan. Beda lo. Akan keliatan body language-nya," pungkas Megawati.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓