PAN Buka Pendaftaran Caketum, Mulfachri Daftar Besok, Zulkifli Hasan Hari Terakhir

Oleh Liputan6.com pada 07 Feb 2020, 18:38 WIB
Diperbarui 07 Feb 2020, 18:38 WIB
20160512- Pemerintah Ingin Terapkan Hukuman Kebiri-Jakarta-Johan Tallo

Liputan6.com, Jakarta - Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) membuka pendaftaran calon ketua umum sejak tanggal 8 sampai dengan 10 Februari 17.00 WIB. Pendaftaran dilakukan di Jakarta atau di Kendari, Sulawesi Tenggara, tempat penyelenggaraan Kongres.

"Masing-masing kandidat dapat mendaftarkan diri sebagai bakal calon. Mereka diharapkan dapat hadir langsung untuk mengisi formulir sekalian menandatangani beberapa surat pernyataan. Tentu sangat baik jika bersama-sama dengan tim masing-masing," ujar Sekretaris panitia pengarah Kongres V PAN, Saleh Daulay dalam keterangannya, Jumat (7/2/2020).

Saleh mengatakan, akan ada tiga calon ketua umum PAN yang akan mendaftar pada tanggal 8. Mereka adalah Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Drajad Wibowo. Sementara, petahana Zulkifli Hasan akan mendaftar tanggal 10 di Kendari.

"Kalau sudah mendaftar, statusnya nanti akan menjadi bakal calon ketua umum. Setelah pegesahan tata tertib pemilihan, mereka nanti akan langsung ditetapkan menjadi calon ketua umum. Setelah itu, mereka akan diminta untuk menyampaikan visi misi dalam memimpin PAN 5 tahun ke depan," ujar Saleh.

2 dari 3 halaman

Bakal Ada Debat Terbuka

20151029-Mulfachri Harahap
Ketua Fraksi PAN DPR RI, Mulfachri Harahap (tengah) didampingi Anggota F-PAN A Bakri (kanan) dan Anggota F-PAN Dapil Kalbar H.Sukiman memberikan keterangan pers terkait bantuan bagi korban asap di Indonesia Kamis (29/10/2015). (Liputan6/JohanTallo)

Panitia Kongres kelima Partai Amanat Nasional (PAN) membuka peluang bakal ada debat terbuka antar kandidat. Debat terbuka itu dapat dilaksanakan jika ada waktu tersedia.

Saleh mengatakan, semua kandidat juga menyatakan kesediaan.

"Memang kalau ada debat, perlu kelonggaran waktu. Sebab, agar debatnya berkualitas, setidaknya diperlukan 4 jam. Dan itu tentu harus dipimpin oleh panelis-panelis yang independen dan mumpuni. Ini yang sedang dipikirkan oleh SC," jelas Saleh.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓