Kapolri Sindir Anggotanya yang Kasak-kusuk Cari Jabatan Lewat Jalan Pintas

Oleh Ady Anugrahadi pada 06 Feb 2020, 10:51 WIB
Diperbarui 06 Feb 2020, 10:51 WIB
Jokowi Pimpin Ratas Kesiapan Hadapi Dampak Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Idham Azis menyindir sejumlah anggota Polri yang kerap menggunakan jalur pendekatan ke pimpinan untuk mendapatkan promosi jabatan ketimbang lewat jalur prestasi.

Pernyataan tersebut disampaikan kala memberikan pengarahan dalam upacara pemberian penghargaan terhadap pangkat 21 anggota Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

"Kegiatan pagi ini untuk memberikan bukti bahwa proses itu tidak akan mengkhianati hasil. Siapa saja anggota Polri yang berprestasi. Organisasi Polri harus beri perhatian kepada mereka yang betul-betul berprestasi. Itu parameternya harus paling di atas, bukannya kasak-kusuk, bukan yang menghadap-menghadap, baru dikasih jabatan," papar Idham dalam pidatonya.

Idham mendata jumlah polisi di Indonesia sekitar 470 ribu personel. Persentase yang menghadap ke pimpinan paling 0,01 persen. Sedangkan, kepada sisanya, Idham berharap mereka lebih mengandalkan prestasi.

"Sehingga ini (pemberian penghargaan) juga jadi alat pemicu bagi personel yang lain untuk mau berbuat yang terbaik bagi organisasi. Selamat, institusi Polri berikan perhatian kepada mereka yang menorehkan nama baik institusi," kata dia.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓