Top 3 News: Alasan Istana Tak Izinkan Formula E Digelar di Kawasan Monas

Oleh Lizsa EgehamAdy AnugrahadiMaria Flora pada 06 Feb 2020, 07:57 WIB
Diperbarui 06 Feb 2020, 07:57 WIB
Konvoi Kendaraan Listrik Sambut Formula E 2020

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar balap mobil listrik atau Formula E, pada 6 Juni 2020. Kawasan Monumen Nasional (Monas) diusulkan menjadi lokasi perhelatan Formula E.

Belakangan rencana Pemprov DKI tersebut ditentang oleh Komisi Dewan Pengarah Medan Merdeka, jika Formula E dilaksanakan di dalam area Monas. Salah satu alasannya, karena di kawasan Monas terdapat cagar budaya yang harus diperhatikan.

Informasi mengenai formula E tersebut paling menyedot perhatian pembaca pada 5 Februari 2020.

Pembobolan rekening wartawan senior Ilham Bintang juga tak kalah menuai sorotan pembaca Liputan6.com. Delapan orang tersangka kini telah diamankan. 

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, masing-masing memiliki peran yang berbeda saat melancarkan aksinya. Desar alias Erwin yang bertindak sebagai pemimpin, membayar Hendri Budi Kusumo yang bekerja di Bank BPR untuk mencari Sistem Laporan Informasi keuangan (SLIK) OJK. 

Dokumen ini berisi data-data pribadi sesorang yang memilki rekening dengan limit tertentu. Saat itulah dipilih nama Ilham Bintang. 

Berita terpopuler lainnya yang banyak menuai perhatian adalah rencana kepulangan 600 warga negara Indonesia (WNI) eks ISIS ke Tanah Air. Rencananya mereka akan kembali pada Mei atau Juni 2020. 

Terkait hal ini, Presiden Jokowi mengatakan keputusan itu harus dibahas dalam rapat terbatas. Dia pun menjelaskan bahwa pemerintah harus menghitung plus minus apabila WNI eks ISIS itu dipulangkan ke Indonesia.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 5 Januari 2020:

2 dari 5 halaman

1. Istana Tak Izinkan Pemprov DKI Gelar Formula E di Kawasan Monas

Konvoi Kendaraan Listrik Sambut Formula E 2020
Mobil BMW i8 Roadster, i8 Coupe dan BMW i3s mengawal konvoi mobil listrik jelang jadwal pelaksanaan balap mobil listrik atau Formula E 2020 di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (20/9/2019). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaiki mobil listrik berjenis BMW i8 roadster. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sekretariat Negara selaku Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka tak memberikan izin kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar balap mobil listrik atau Formula E di area Monas.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menjelaskan, keputusan itu diambil pemerintah pusat dengan banyak pertimbangan. Salah satunya yakni, adanya cagar budaya di kawasan Monas sehingga tak memungkinkan apabila digelar Formula E di wilayah itu.

"Di sana ada cagar budaya yang harus diperhatikan. Kemudian ada pengaspalan dan lain-lain," kata dia.

Seperti diketahui, DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil listrik atau Formula E pada 2020. Perhelatan itu digelar pada 6 Juni 2020.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Akal Bulus Komplotan Pembobol Rekening Ilham Bintang

Polisi menangkap komplotan pembobol rekening Ilham Bintang
Polisi menangkap komplotan pembobol rekening Ilham Bintang (Istimewa)

Polisi menangkap delapan orang tersangka yang diduga membobol rekening wartawan senior Ilham Bintang. Mereka bekerja secara terstruktur dan sistematis dalam operasinya.

Delapan orang tersebut ditangkap Sub Direktorat 4 Kriminal Khusus Polda Metr Jaya. Mereka memiliki peran berbeda-beda dalam menjalankan aksinya. Delapan orang itu adalah; Desar alias Erwin (28), Teti Rosmiwati (46), Wasno (52), Arman Yunianto (53), seorang Ahli ITE bernama Hendri Budi Kusumo (24) dari Kantor BPR BPS.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Rabu,5 Januari kemarin menjelaskan, Desar alias Erwin sebagai pimpinan membayar Hendri Budi Kusumo yang bekerja di Bank BPR untuk mencari Sistem Laporan Informasi keuangan (SLIK) OJK.

Singkat kata, Desar mendapatkan data-data yang berisi menjadi calon korbannya. Saat itu dipilihlah Ilham Bintang. Desar alias Erwin memulai dengan menduplikasikan nomer telepon Ilham Bintang.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Jokowi Tak Setuju Ratusan WNI Eks ISIS Pulang ke Indonesia

Jokowi Lantik Ketua BPIP dan Kepala BPKP Baru
Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersiap melantik Yudian Wahyudi sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Muhammad Yusuf Ateh sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tak setuju apabila ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS pulang ke tanah air. Namun, Jokowi mengatakan keputusan itu harus dibahas terlebih dahulu dalam rapat terbatas.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan bahwa pemerintah harus menghitung plus minus apabila WNI eks ISIS itu dipulangkan ke Indonesia. Jokowi mengaku dirinya harus mendengarkan masukan dari kementerian terkait.

Setelah itu, barulah dirinya akan memutuskan hal itu dalam rapat terbatas. Meski begitu, Jokowi telah menerima laporan soal rencana kepulangan WNI eks ISIS.

Asal mula wacana pemulangan ini dicetuskan oleh Menteri Agama Fachrul Razie. Dia mengatakan pemerintah bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendata ada 600 WNI yang tersesat setelah sempat ikut gerakan ISIS di Timur Tengah.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓