Sukses

Sandiaga Dukung Debat Publik Cawagub DKI

Debat publik cawagub, jelas Sandi, jauh lebih memungkinkan masyarakat untuk terlibat aktif dibandingkan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, penting memperkenalkan kedua calon wakil gubernur (cawagub) kepada publik. Salah satunya lewat debat publik.

"Sosialisasi itu penting. Dan saya yakin bahwa ada uji publik, debat itu harus digagas," kata dia, saat ditemui, di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (4/2).

Debat publik cawagub, jelas Sandi, jauh lebih memungkinkan masyarakat untuk terlibat aktif dibandingkan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

"Saya rasa harus dibuka kepada publik. Kalau fit and proper test itu kan tertutup. Kalau debat itu bisa terbuka dan bisa diajak akademisi, para pegiat lingkungan, pegiat transportasi, pegiat polusi udara, dan lain sebagainya," terang Sandi.

Dalam kesempatan debat itulah, kedua cawagub, Riza Patria dan Nurmasnjah Lubis dapat memaparkan pandangan mereka seputar Jakarta. Masyarakat juga mendapat kesempatan untuk menilai kedua cawagub mereka.

"Tapi prosesnya harus cepat. Karena yang kita butuhkan adalah segera mereka untuk terpilih dan bekerja," tandasnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyerahkan dua nama cawagub DKI Jakarta ke DRPD. Kedua nama itu adalah Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansyah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, bakal ada fit and proper test alias uji kelayakan dan kepatutan bagi kedua calon pengganti Sandiaga Uno tersebut. Fit and proper test bakal digelar dalam rapat paripurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.