Menkes: WNI dari Wuhan yang di Natuna, Sehat

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 04 Feb 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 04 Feb 2020, 11:00 WIB
Suasana Evakuasi 245 WNI di Bandara Tianhe Wuhan
Perbesar
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi tiba di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Hubei, China, Sabtu, (1/2/2020). Setibanya di Batam, ratusan WNI itu akan segera dievakuasi dan diobservasi di Natuna. (foto:Duta Besar RI di Beijing)

Liputan6.com, Jakarta - 238 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan masih menjalani observasi di Natuna sejak 2 Februari 2020. Menteri Kesehatan Terawan Agus mengatakan, kondisi mereka sehat.

Para WNI ini menjalani aktivitas umum dalam kondisi normal, seperti makan, mandi, dan berolahraga.

Menkes Terawan mengatakan, mulai hari ini, WNI dari Wuhantelah diberikan akses ponsel dan internet, sehingga dapat berkomunikasi dengan sanak keluarga di mana pun dan kapan pun.

"Mereka sehat, pagi tadi mereka juga olahraga bersama, mereka juga telah kami beri simcard baru supaya tidak mahal kalau internetan, jadi siapa yang kenal dengan mereka dikontak saja tanyakan langsung kondisinya gimana, mereka baik," kata Menkes Terawan soal kondisi WNI dari Wuhan di Natuna, Jakarta, Selasa (4/1/2020).

2 dari 3 halaman

Jamin Kesehatan Warga Natuna

Mendarat di Batam, WNI dari Wuhan Langsung Disemprot Disinfektan
Perbesar
Sejumlah WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China berada di dalam pesawat Hercules sebelum menuju Natuna, Kepulauan Riau di bandara internasional Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020). (Photo by Handout/Indonesian Embassy/AFP)

Pemerintah Indonesia menjamin kesehatan seluruh warga di Kabupaten Natuna. Menko Polhukam Mahfud Md pun meminta masyarakat untuk beraktivitas secara normal, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Pemerintah akan menangani dengan secermat-cermatnya masalah yang sedang berlangsung dan komunikasi akan terus dilakukan dengan masyarakat Natuna. Pendidikan sekolah-sekolah supaya diselenggarakan seperti biasa tidak ada hari libur karena memang tidak apa-apa," kata Menko Mahfud Ruang Parikesit Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020).

Selain menjamin kondisi kesehatan seluruh warga Natuna, Menko Mahfud menyatakan seluruh warga negara Indonesia yang tengah diobservasi di Kompleks Militer di Natuna dalam kondisi baik. Oleh karena itu, masyarakat setempat tidak perlu cemas.

"Semua yang sekarang ada di Natuna yang dipulangkan dari RRT itu dalam keadaan sehat. Cuma untuk melaksanakan standar internasional, maka dilakukan hal yang seperti sekarang ini, di mana dikarantina dulu," yakin Menko Mahfud.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓