Sukses

Apresiasi Karya Seniman dan Budayawan Pemkab Banyuwangi Persembahkan Tali Asih

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang menggerakan sektor budaya dan pariwisata daerah, Pemkab Banyuwangi memberikan tali asih pada 200 budayawan, seniman, dan pelaku pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang menggerakan sektor budaya dan pariwisata daerah, Pemkab Banyuwangi memberikan tali asih pada 200 budayawan, seniman, dan pelaku pariwisata. Tali asih diberikan langsung oleh Bupati Ipuk Fiestiandani bareng Ketua Dewan Kesenian Blambangan, Hasan Basri, di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kamis sore (6/5/2021).

“Saya sangat berterimakasih atas dedikasinya terhadap dunia seni, budaya, dan pariwisata di Banyuwangi. Tali asih ini tidak seberapa dengan pengabdian bapak dan ibu membesarkan sini dan budaya daerah, yang berdampak pada meningkatnya sektor pariwisata daerah,” kata Ipuk.

Ipuk mengakui bahwa para pekerja seni budaya dan pariwisata sangat terdampak ekonominya selama pandemi melanda. Meski demikian, Bupati Ipuk menginginkan masa ini adalah sarana bagi seluruh pelaku seni budaya dan pariwisata untuk meningkatkan kemampuan dan keahliannya masing-masing.

"Mari jadikan situasi untuk meningkatkan kapasitas kita masing-masing. Mungkin kalau dulu kerja keras sampai lupa upgrade diri, dan ini bisa jadi saatnya. Kita ambil sisi positifnya," kata Ipuk.

Ipun mengajak seluruh seniman dan budayawan untuk terus optimis di tengah situasi yang tak pasti ini. Pemkab, kata Ipuk, akan siap untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata daerah.

 

“Kita harus optimis di tengah masa pandemi. Mari sama-sama berinovasi agar pariwisata segera bangkit. Sertifikasi kesehatan Covid 19 bagi pemandu wisata dan akomodasi wisata, mengembangkan staycation, privat tourism adalah upaya kita bersama agar pariwisata daerah terus bergerak, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mari kita gali ide bareng-bareng inovasi apa yang bisa kita tawarkan kepada wisatawan supaya mau berwisata di Banyuwangi dengan aman," kata Ipuk.

Dalam kesempatan itu, Ipuk berharap protokol kesehatan di tempat wisata terus diperhatikan oleh pengelola, karena ke depan faktor tersebut yang paling utama. Berlaku pula kegiatan pelaku seni budaya untuk menunjang pariwisata di Banyuwangi.

“Lebaran nanti pastinya banyak orang datang ke destinasi, tolong perhatikan protokol kesehatan covid 19 di sana. Dengan kerja sama yang baik ini, saya yakin kita semua bisa mengatasi secara bersama,” harap Ipuk.

Salah satu penerima tali asih, Bhogi Bayu mengaku berterimakasih atas kepedulian Pemkab kepada pelaku seni budaya dan pariwisata. Menurutnya, tali asih ini sangat bermanfaat bagi seniman dan pelaku pariwisata dan dinilai sebagai bentuk apresiasi.

“Terima kasih, sangat membantu kami semua. Terima kasih atas perhatiannya,” ucap Bhogi, yang juga operator jasa perjalanan wisata.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.