Sukses

Jokowi Melayat ke Rumah Duka Gus Sholah

Setibanya di rumah duka, Jokowi langsung menyalami putra Gus Sholah, Irfan Wahid.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat ke rumah duka KH Shalahuddin Wahid atau Gus Sholah, Senin (3/2/2020). Jokowi datang pukul 07.35 WIB.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, itu mengembuskan napas terakhir di RS Harapan Kita, Jakarta, Minggu, 2 Februari 2020.

Setibanya di rumah duka, Jokowi langsung menyalami putra Gus Sholah, Irfan Wahid. Turut mendampingi juga, Menteri PUPR Basuki Muljono, KSP Moeldoko, Mensesneg Pratikno, dan staf Presiden Aminudin Ma'ruf.

Jokowi terlihat mengenakan baju kokoh putih dan peci hitam saat melayat. Jokowi pun langsung masuk ke rumah duka.

Sejumlah tokoh juga hadir mereka adalah Menteri Agama Fachrul Razi dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kemudian, Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Ketua Fraksi Jazuli Juwaini.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ma'ruf Amin Imami Salat Jenazah

Sebelum Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin sudah hadir pukul 05.50 WIB dan mengimamin salah jenazah Gus Sholah. Menurut Ma'ruf Amin, banyak sekali kenangan yang diberikan almarhum.

"Ya banyak sekali, kebetulan saya itu kan alumni Tebuireng. Jadi saya sering berdikusi, sering berbicara, sering diundang untuk menyampaikan pandangan tentang kerukunan, membangun demokrasi dan ekonomi keumatan dalam pemberdayaan masyarakat, terutama bagi umat islam dan kalangan santri," kata Ma'ruf.

Dia menyebut Gus Sholah merupakan tokoh yang toleran dengan menjaga keberagaman antar umat beragama.

"Dalam hal persaudaraan Islam beliau sangat intens bagaimana membangun ukuwah antar sesama umat islam, khususnya antara NU dan Muhammadiyah," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.