Sukses

Menkes: Tadi Saya Tanya dan Cek, Semua Sehat

Terawan mengatakan, tujuannya menemui langsung WNI yang baru datang itu tak lain untuk memberikan semangat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan dokter Terawan Agus Putranto mengaku dirinya langsung menyambut kedatangan 238 WNI yang tiba dari Wuhan, China saat tiba di Pulau Natuna, Kepulauan Riau untuk menjalani observasi.

"Tadi sudah saya sambut satu per satu, saya beri semangat, karena mereka akan menjalani masa osbervasi selama dua minggu," papar Terawan di di Pangkalan Udara Raden Sajad, Pulau Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020) siang.

Dia mengatakan, tujuannya menemui langsung WNI yang baru datang itu tak lain untuk memberikan semangat, mengingat apa yang sudah dilalui mereka sebelum mendarat di Tanah Air.

"Dengan semangat dan pendampingan yang yang kita berikan mudah-mudahan mereka bisa melewati sesuai regualsi WHO (Badan Kesehatan Dunia) sehingga bisa dikembalikan ke rumah masing-masing," ujar Terawan.

Dia juga memastikan 238 WNI itu dalam kondisi sehat berdasarkan pengakuan para WNI sendiri.

"Saya harus cek betul, tadi saya tanya, sehat semua? Sehat jawab mereka," ujar Terawan.

Dia berharap, kehadiran dirinya di tengah-tengah ratusan WNI yang sebelumnya bermukim di Provinsi Hubei, China itu bisa menenangkan.

"Menkes hadir di tengah-tengah mereka, itu merupakan bentuk kepercayaan terhadap mereka. Saya berharap mereka disiplin mengikuti aturan yang ada," jelas Terawan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiba di Natuna

Sebelumnya, sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) tiba di Pangkalan Udara Raden Sajad, Pulau Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020) siang. Mereka dibawa tiga pesawat, yaitu pesawat Hercules C130, pesawat Boeing 737-400, dan satu pesawat milik TNI AU.

Sekitar 5 menit setelah mendarat, pintu pesawat pertama yang membawa WNI dari Wuhan langsung dibuka. Sejumlah petugas berpakaian putih terlihat keluar dan mempersiapkan penurunan WNI dengan petugas yang ada di darat.

Lima menit kemudian, satu per satu penumpang yang juga berpakaian putih turun dari pesawat yang umumnya menenteng tas jinjing. Dengan berjalan kaki mereka kemudian menuju hanggar observasi yang tak jauh dari titik pendaratan.

Menteri Kesehatan dokter Terawan Agus Putranto menegaskan jumlah WNI yang tiba di Natuna adalah 238 orang. Ada tujuh orang yang batal diterbangkan ke Tanah Air dengan sejumlah alasan.

"Yang tiba fix 238 orang, 4 orang mengundurkan diri dan 3 orang lainnya tidak lolos pemeriksaan oleh Pemerintah China," jelas Terawan di Natuna, Kepri, Minggu pagi.

Dia juga memastikan bahwa sebelum keberangkatan dari Wuhan, China sudah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan WNI yang dipulangkan dari Wuhan dalam kondisi sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.