Sukses

Peduli Covid-19, Politisi Gerindra Donasikan APD dan Ribuan Masker

Sebanyak 150 baju APD yang terbuat dari parasut waterproof dan reusable lengkap dan 2.000 masker medis serta 500 hand scoon juga diberikan ke Dinkes Pemkab Sidoarjo.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi peduli Covid-19 dilakukan oleh politisi Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS). Bakal calon bupati Sidoarjo itu membagikan ratusan Alat Pelindung Diri (APD) dan ribuan masker untuk tim medis melawa Covid-19.

Sebanyak 150 baju APD yang terbuat dari parasut waterproof dan reusable lengkap dan 2.000 masker medis serta 500 hand scoon juga diberikan ke Dinkes Pemkab Sidoarjo.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kami (BHS dan tim) bersama Partai Gerindra Sidoarjo yang ikut andil turut serta melindungi tenaga medis yang sedang menangani pandemi virus Corona (Covid-19),” terang Bambang Haryo Soekartono Senin (20/4/2020)

Lebih jauh, politikus yang akrab dipanggil BHS ini menilai bantuan APD itu sangat penting. Hal ini lantaran rata-rata rumah sakit rujukan sangat minim memiliki APD. Padahal, APD itu sangat dibutuhkan para tenaga medis yang menangani seluruh pasien Covid-19, baik berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun pasien terkonfirmasi (positif).

"Jadi APD ini sangat penting untuk tenaga medis. Inilah salah satu wujud nyata gerakan kami membantu pemerintah dalam melawan Covid-19 yang mewabah saat ini,” imbuh BHS didampingi Ketua DPC Partai Gerindra Sidoarjo, Kayan dan Ketua DPD Golkar Sidoarjo, Warih Andono.

BHS mengajak kepada partai politik maupun Bacabup Sidoarjo lainnya, untuk bersama-sama beraksi memberantas dan melawan virus Corona. Harapannya, pemberian bantuan ini dapat menjadi teladan dan motivasi bagi semua untuk membantu pemerintah dalam menangani Covid-19 itu.

Sempat ada usulan untuk penyediaan kantong mayat ataupun lokasi pemakaman pasien covid-19. Menurutnya memang dibutuhkan, tetapi sebisa mungkin permasalahan kematian akibat covid-19 jangan sampai terjadi. "Kita mengharapkan semua pasien covid bisa sembuh.," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu UMKM

Ketua DPC Partai Gerindra Sidoarjo Kayan menyatakan, pihaknya mengajak partai lain memberi sumbangsih dalam mengatasi wabah virus Corona. Pihaknya berharap ke depan dalam proses pembuatan masker maupun APD dapat melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sidoarjo agar dapat membantu perekonomian masyarakat menengah ke bawah di Sidoarjo.

“Insyaallah kami akan melibatkan masyarakat khususnya para pelaku UMKM untuk turut serta memproduksi kebutuhan dalam penanganan Covid-19. Seperti bantuan yang diserahkan Partai Gerindra Sidoarjo dan Pak BHS saat ini,” ujarnya.

Sementara Ketua Posko Penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo, Ida Ernani mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan APD dan masker itu. Menurutnya APD ini sangat dibutuhkan untuk melindungi tenaga medis saat penanganan pasien Covid-19. Alasannya, jika tenaga medis sudah terpapar maka penyebarannya akan lebih cepat lantaran kerjanya melayanani.

“Kami upayakan dan rencanakan stok APD akan tercukupi sampai Juni 2020. Sekarang yang paling dibutuhkan perubahan perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Maka dari itu organisasi masyarakat dan parpol harus turut serta mengajak masyarakat untuk mentaati SOP penanganan Covid-19,” tandas Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Pemkab Sidoarjo ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.