Sukses

Pesan Menlu ke Penjemput WNI di Wuhan: Tetap Semangat

Retno juga memastikan bila seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan hari ini, semua dalam keadaan sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menkes Terawan Agus Putranto, dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto melepas keberangkatan 42 penjemput Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, China. Menlu Retno pun memberi semangat kepada tim penjemput.

"Ini adalah pesan saya kepada teman -teman yang akan berangkat. Tetap semangat, semua dari kita harus semangat dan sehat. Inyaallah kita akan terus diberkahi kesehatan," kata Retno di ruang VIP Terminal 1, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (1/2/2020).

Dia mengatakan, misi penjemputan 250 WNI yang berada di Wuhan ini, adalah misi yang mulia dan harus dilaksanakan dengan penuh kedisiplinan.

"Selamat jalan teman teman, kita semua bersama dengan teman teman. Saya sekaligus mohon doa seluruh rakyat Indonesia, baik untuk tim penjemput, warga negara kita dan untuk Indonesia kita. Semoga teman teman kembali dengan selamat dan sehat," kata Retno.

Retno juga memastikan bila seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan hari ini, semua dalam keadaan sehat.

"Laporan dari tim yang sudah berada di sana, kami pastikan, saudara-saudara kita dalam keadaan sehat. Dan mereka amatlah senang akan kembali pulang ke Tanah Air," ujar Retno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Jalani Tes Kesehatan

Kepastian tersebut didapat setelah lima orang tim pendahulu yang sudah lebih dulu di Wuhan, para WNI tersebut sudah menjalani serangkaian test kesehatan. Baik yang dilakukan rumah sakit setempat maupun dilakukan kembali oleh tim pemerintah Indonesia.

"Di sana mereka menjalani screaning dan cleaning, dan sudah dipastikan mereka dalam kondisi sehat," kata Menlu Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.