Menpan RB: Pemindahan ASN ke Ibu Kota Baru Serentak 2024

Oleh Delvira Hutabarat pada 31 Jan 2020, 09:49 WIB
Diperbarui 31 Jan 2020, 09:49 WIB
Tjahjo Kumolo
Perbesar
Menpan RB Tjahjo Kumolo (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Menpan RB Tjahjo Kumolo menyebut pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota baru Kalimantan Timur, tidak akan dilakukan secara bertahap melainkan secara serentak.

"Perpindahan ASN akan dilakukan secara serentak," kata Tjahjo dalam keterangannya, Jumat (31/1/2020).

"Serentak 2024 nanti," imbuh dia. 

Tjahjo menyebut, saat ini Kemenpan RB tengah menyusun roadmap pemindahan ASN kementerian dan lembaga ke Ibu Kota baru.

"Terkait dengan perpindahan ibu kota negara, sebagaimana arahan Presiden, Kemenpan RB juga telah menyusun road map perpindahan ASN kementerian dan lembaga ke ibu kota negara baru di Kalimantan Timur," jelasnya.

Selain itu, terkait dengan program reformasi birokrasi, Kemenpan RB juga melakukan pendampingan kepada kementerian, lembaga dan Pemda.

"Diharapkan akhir tahun ini, proses reformasi birokrasi bisa rampung. Termasuk penyederhanaan birokrasi di dalamnya," ujar dia.

Kemenpan RB juga terus mendorong Pemda untuk mempunyai mal pelayanan publik. "Kini mal pelayanan publik di beberapa daerah telah diresmikan. Misalnya yang baru diresmikan adalah mal pelayanan publik di Samarinda, Banda Aceh dan Kabupaten Batang, Jawa Tengah," Tjahjo menandaskan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Harus Siap Pindah

Tingkat Mutu dan Produktivitas, Kemnaker Ajak ASN Indramayu Belajar dari Pelaku Industri
Perbesar
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) menegaskan, setiap aparatur sipil negara (ASN) harus mau dan siap pindah bertugas di ibu kota pemerintahan baru Indonesia di Kalimantan.

Deputi SDM Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsa Atmaja mengingatkan komitmen perjanjian kerja kepada ASN yang harus ikut pindah ketika ibu kota pemerintahan baru Indonesia mulai beraktivitas.

"Untuk ASN sebetulnya begini, ketika jadi ASN maka menandatangani siap ditempatkan di mana saja. Itu konsekuensi yang kita patuhi," kata Setiawan di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Untuk jumlah dan klasifikasi ASN Pemerintahan Pusat yang akan dipindahkan ke Kalimantan, kata dia masih menunggu analisis kebutuhan pegawai di ibu kota baru itu nantinya.

"Kita harus tahu proses di sana, nantinya yang dipindahkan apa saja, jadi kebijakan di sana seperti apa, tinggal kita siapkan SDM-nya," kata Setiawan seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan, untuk ASN kementerian dan lembaga yang ada di Jakarta seluruhnya akan pindah ke ibu kota baru yang berlokasi di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Total ASN kementerian dan lembaga yang saat ini berada di Jakarta sebanyak 118.000 orang. Terdapat 16-17 persen pegawai yang akan pensiun pada tahun 2023-2024, bertepatan pada tahun perpindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya