Sukses

Kunjungi Banten, Ma'ruf Amin Dapat Laporan Seribu Rumah Rusak Akibat Banjir

Terkait data kerusakan, BNPB mencatat ada 1.110 rumah dengan kondisi rusak berat, 309 rumah rusak sedang dan 203 rumah rusak ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin meninjau wilayah bencana banjir di Banten. Dalam perjalanannya, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo memberi paparan terkait jumlah data korban bencana tersebut.

"Korban banjir dan tanah longsor yang terjadi pada awal Januari 2020 terbagi menjadi 4 kategori yaitu meninggal dunia sebanyak 9 orang, luka berat sebanyak 1 orang, luka ringan sebanyak 66 orang, dan hilang sebanyak 2 orang," kata Doni seperti dikutip dari siaran pers Kantor Sekretariat Wakil Presiden, Kamis (30/1/2020).

Kemudian, lanjut Doni, pada tanggal 21 Januari 2020, BNPB mencatat terdapat sebanyak 655 kepala keluarga dan 1.776 orang yang tersebar di 6 pos pengungsian.

Terkait data kerusakan, BNPB mencatat ada 1.110 rumah dengan kondisi rusak berat, 309 rumah rusak sedang dan 203 rumah rusak ringan.

"Yang mengalami kerusakan seperti TK, PAUD, SD serta SMP hingga Ponpes ada 41 unit yang mengalami rusak berat," lapor Doni kepada Wapres Ma'ruf Amin.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didampingi Para Menteri

Sebagai informasi, Ma'ruf Amin didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, serta Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat mengunjungi wilayah bencana tersebut.

Sesampainya di Rangkasbitung, Ma'ruf dan rombongan langsung disambut Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, dan Kapolda Banten Irjen Agung Sabar Santoso.

"Titik tinjauan pertamanya adalah posko pengungsian di Dodiklatpur Rindam III Siliwangi," tulis siaran pers Sekretariat Wakil Presiden diterima, Kamis (30/1/2020).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.