Sukses

Jokowi Minta Menteri PUPR Bangun Rumah Sehat: Jangan Hanya Urus Jalan dan Tol

Jokowi menekankan bahwa urusan menjamin kesehatan masyarakat bukan hanya tugas Menteri Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tak hanya mengurus infrastruktur, seperti jalan tol. Dia meminta Basuki juga melaksanakan program pembangunan rumah-rumah sehat.

Hal ini dikatakan Jokowi saat sambutan dalam acara Pencanangan Gerakan Maju Bersama menuju Eliminasi Tuberculosis (TBC) 2030 di Cimahi Techno Park, Jalan Baros, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

"Tadi Pak Menteri PU ikut kita, sayangnya enggak ikut di sini. Mau saya perintah (Menteri PUPR) rumah-rumah yang sehat segera dikerjakan. Terutama di Provinsi Jawa Barat. Tadi Pak Gubernur (Jawa Barat Ridwan Kamil) juga sudah meminta itu," kata Jokowi.

Jokowi menekankan bahwa urusan menjamin kesehatan masyarakat bukan hanya tugas Menteri Kesehatan saja. Dia ingin semua pihak terlibat, termasuk Kementerian PUPR.

"Oleh sebab itu menjamin kesehatan masyarakat bukan hanya urusan dokter, Menkes, Dinkes tapi juga urusan Menteri PUPR, Dinas PU harus melihat hal-hal yang harus kita kerjakan. Bukan hanya ngurusin jalan, bukan hanya ngurusin jalan tol," tuturnya.

Pembangunan rumah sehat ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencegah Tuberculosis (TBC). Nantinya, rumah sehat tak hanya fokus pada pengobatan saja, melainkan juga pencegahan.

"Fokusnya bukan hanya pengobatan. Saya setuju ini. Tapi pencegahan lebih baik," ucap Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah TBC

Salah satu cara mencegah penyakkt TBC, kata Jokowi, yakni dengan membangun rumah sehat, drainase yang lancar dan bersih, serta pengelolaan sampah hingga penyediaan air bersih. Selain itu, dia juga mengingatkan pentingnya penyinaran agar udara masuk ke rumah.

"Sebaiknya perkembangan di perkotaan, pedesaan, membangun rumah-rumah sehat itu menjadi kunci,"ujar mantan Wali Kota Solo itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.