Sukses

Mahfud Md Ungkap Keinginan Pemerintah Tambah Armada Laut

Menko Polhukam Mahfud Md menyatakan memang perlu adanya kelengkapan Alutsista untuk menjaga wilayah kedaulatan Indonesia. Terutama di wilayah laut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bersama jajaran menteri di bidang pertahanan dan keamanan, telah menggelar rapat terbatas mengenai kebijakan pengembangan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) di PT PAL Indonesia, Surabaya, Senin, 27 Januari 2020.

Terkait hal ini, Menko Polhukam Mahfud Md menyatakan, memang perlu adanya kelengkapan alutsista untuk menjaga wilayah kedaulatan Indonesia. Terutama di wilayah laut.

"Kita mencatat bahwa kita harus melengkapi alutsista untuk menjaga wilayah kedaulatan dan wilayah hak berdaulat. Bahkan juga memagari. Jadi di wilayah itu kalau dilihat dari laut ada brown water, itu wilayah kedaulatan. Ada green water, itu wilayah hak berdaulat, itu ZEE. Lalu ada blue water, itu laut lepas," jelas Mahfud di kantornya, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Mahfud menuturkan akan menyediakan kapal di tepi green water tersebut.

"Kita akan mengusahakan segera menyediakan kapal di tepi green water. Sehingga yang dari blue water itu tidak masuk," ungkapnya. 

Saat ditegaskan berapa jumlah kapal yang akan ditambah, menurutnya itu masih sangat teknis.

"Ya nantilah, itu sangat teknis. Pokoknya kita mengidentifikasi itu dan kita berkeputusan untuk memompa industri persenjataan sendiri," pungkasnya.

Saksika video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,
    Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,

    Mahfud MD

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Alutsista