Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Getarkan Nusantara 3 Kali

Gempa pertama pada hari ini membuat wilayah Lampung Selatan, Provinsi Lampung bergetar.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Indonesia kembali digoyang gempa hari ini, Senin (27/11/2020). Hingga pukul 19.15 WIB, setidaknya ada tiga lindu yang menggetarkan Nusantara.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di www.bmkg.go.id.

Gempa pertama pada hari ini membuat wilayah Lampung Selatan, Provinsi Lampung bergetar. Kekuatan lindu ini dengan magnitudo 3,8.

Serta gempa terakhir terjadi pada pukul 10:32:25 terjadi di wilayah Sumatera juga tepatnya di Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

Berikut tiga gempa yang terjadi dan menggoyang Indonesia hari ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lampung Selatan

Gempa pertama pada hari ini terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada pukul 08:27:23 WIB.

Gempa ini berpusat di laut 25 kilometer barat daya Lampung Selatan. Titik lindu berada pada garis 5,72 Lintang Selatan-105,36 Lintang Timur.

Gempa ini berkuatan magnitudo 3,8 dengan kedalaman 4 kilometer. Gempa dirasakan hingga ke Bandar Lampung, Teluk Betung dan Sidomulyo-Lampung Selatan dengan skala II-II Modified Mercalli Intensity (MMI).  

3 dari 4 halaman

Lombok Utara

Tak hanya itu, gempa juga terjadi wilayah Kabupaten Lombok  Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada pukul 09:54:10 WIB. Lindu ini bermagnitudo 3,4 dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini terjadi pada garis 8,47 Lintang Selatan-116,01 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 20 kilometer barat daya Lombok Utara .

4 dari 4 halaman

Enggano

Terakhir, gempa menggetarkan pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Lindu yang terjadi pada pukul 10:32:35 WIB ini berkekuatan magnitudo 4,6 dengan kedalaman 32 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 13 kilometer timur laut Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Lokasi gempa berada pada titik garis 5,28 Lintang Selatan-102,37 Bujur Timur.

 

(Rizki Putra Aslendra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Bumi