Kaesang Ingin UMKM Jadi Usaha Miliaran, Bagaimana Caranya?

Oleh Lizsa Egeham pada 27 Jan 2020, 01:34 WIB
Diperbarui 27 Jan 2020, 01:34 WIB
Kaesang

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dikenal sebagai sosok pebisnis muda yang sukses. Sang Pisang hingga Ternak Kopi adalah dua dari sekian banyak usaha yang digeluti Kaesang.

Kesuksesannya menjadi pengusaha pun bisa dilihat dari banyaknya cabang yang dibuka di berbagai daerah. Kaesang turut membagikan semacam tips yang membuatnya menjadi pengusaha muda nan sukses melalui Hebat atau PT Harapan Bangsa Kita.

Hebat merupakan sarana Kaesang untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar terus berkembang. Dia mengaku ingin menjadikan UMKM sebagai suatu usaha yang bisa meraup omset hingga miliaran rupiah.

"Kami secara pribadi dari Hebat, ingin UKM ini tidak disebut sebagai usaha kecil menengah. Tapi agar disebut sebagai usaha kecil miliaran," ujar Kaesang ditemui di Kawasan Jakarta Barat, Minggu (26/1/2020).

Menurut dia, Hebat akan berfokus dalam hal investasi untuk UKM. Namun, Kaesang menyebut pihaknya juga terbuka memberikam konsultasi kepada UKM yang ingin mencari modal dan memasarkan produknya.

"Kami berfokus investasi kepada UKM-nya, dan memberikan konsultasi kepada UKM untuk membahas mengenai keunganan, marketing, dan sales yang akan terjun ke UKM-nya sendiri," ucap Kaesang.

 

2 dari 3 halaman

Ingin UKM Maju

Kaesang menuturkan bahwa Hebat tak memberikan batasan jumlah UMKM yang ingin bergabung. Bahkan, dia mengatakan saat ini sudah ada 5 UMKM yang bergabung dengan Hebat.

"Tidak ada batasan untuk bergabung. Karena kami ingin UKM maju," kata Kaesang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓