Sukses

Menkes: Pemerintah China Pastikan Warganya yang Keluar Negeri dalam Kondisi Sehat

Menkes yakin tidak ada negara yang ingin membuat negara lainnya menderita.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Kandou Manado. Dia memastikan turis China yang melakukan perjalanan wisata ke Sulawesi Utara (Sulut) dalam kondisi sehat.

"Pemerintah China ketika warganya akan melakukan perjalanan ke luar negeri sudah memastikan bahwa kondisi kesehatannya baik," ujar Menkes Terawan di Manado, Minggu (26/1/2020).

Memastikan kondisi kesehatan warganya dalam keadaan baik ketika berada di negara lain, sebut dia, adalah bagian dari hubungan dua negara, Indonesia dan China.

"Kita semua saling percaya. Jangan sampai karena kegundahan hati, hanya karena prasangka waduh bagaimana nanti ekonomi kita ke depan, bagaimana hubungan negara kita?" ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Menkes yakin tidak ada negara yang ingin membuat negara lainnya menderita.

"Karena itu kedatangan saya ke sini untuk men-declare apa yang terjadi, jangan terbius berita-berita yang tidak tepat, beritanya kurang pas, kan nggak nyaman kalau dipersepsi masyarakat," katanya.

Menkes menjelaskan bahwa Indonesia dan China pasti tidak akan memberangkatkan warganya ke luar negeri dalam kondisi sakit.

"Kita bersama-sama memastikan tidak mengizinkan ada warganya yang berangkat kalau ada tanda-tanda sakit," katanya menegaskan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Terlalu Resah

Menteri berharap masyarakat tidak terlalu resah, warga boleh resah kalau kementerian kesehatan serta aparat kementerian lembaga lainnya tidak siap.

"Kita siap semua, kita siaga, karena kita semua sayang sama bangsa dan negara. Kita perlu mengolah data atau berita yang membuat kita panik dan merugikan bangsa dan negara," ajaknya.

Seorang penerjemah maskapai penerbangan Lion Air sebelumnya diisolasi ke Rumah Sakit Kandou usai merasakan pilek setelah melakukan perjalanan dari Guangzhou ke Manado.

Kondisi kesehatannya saat itu semakin membaik, namun tetap diisolasi sambil menunggu hasil laboratorium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.