Anies Pastikan Jakarta Jadi Rumah untuk Semua Kalangan

Oleh Ika Defianti pada 26 Jan 2020, 14:31 WIB
Diperbarui 26 Jan 2020, 14:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Kantor Kementerian BUMN, Jumat (10/1/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pihaknya mendukung adanya perayaan hari besar agama di Jakarta. Seperti halnya saat perayaan 1 Muharram dengan adanya festival Muharram. Dia memastikan Jakarta merupakan rumah untuk semua kalangan yang tinggal di Ibu Kota.

"Sudah berapa hari kemarin, Jakarta Imlekan. Ini juga baru pertama kali diselenggarakan di tempat ini. Dulu takbiran dilarang, sekarang takbiran diizinkan dan dijalankan," kata Anies di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020).

Selain itu, Anies menyebut saat perayaan Natal, Pemprov DKI Jakarta juga menggelar Christmast Carol di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. 

"Dan ini hanya terjadi karena masyarakat Betawi yang menyambut hangat pendatang dari seluruh nusantara," jelas Anies Baswedan.

Sebelumnya, Pemprov DKI menggandeng sejumlah komunitas dan masyarakat dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2571 untuk mengadakan acara. Mulai dari atraksi Barongsai hingga kuliner khas Pecinan.

"Kami ingin selalu menjaga dan merawat kesetaraan, kebersamaan dan persaudaraan bagi seluruh warga masyarakat Jakarta," kata Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Dia menjelaskan, 23-24 Januari 2020 atraksi Barongsai disertai pertunjukan Gambang Kromong dan Tanjidor khas Betawi akan digelar pukul 17.00- 19.00 WIB. Lokasinya di depan Hotel Grand Hyatt atau dekat Bundaran HI dan Taman Dukuh Atas.

Selanjutnya pada Sabtu 25 Januari 2020 perayaan dalam rangka Imlek dilaksanakan di Thamrin 10. Lalu pertunjukan barongsai juga dapat disaksikan pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day, Minggu 26 Januari 2020.Hendra mengatakan, saat perayaan Cap Go Meh, Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan acara di tiga titik 'Little Chinese Town' di Jakarta.