Sukses

M Taufik: Jakarta sebagai Ibu Kota Berakhir Juni 2020

Taufik mengatakan, pihaknya setuju saja ibu kota pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Namun, menurutnya harus jelas status Jakarta setelah ditinggalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra M Taufik menyebut Jakarta bakal tamat menjadi ibu kota pada Juni tahun 2020. Sebab, bakal dibahas undang-undang mengenai pemindahan ibu kota.

"Insyaallah Juni tamat Jakarta sebagai ibu kota. UU akan keluar Juni," ujar Taufik dalam Rakerda Gerindra di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Taufik mengatakan, pihaknya setuju saja ibu kota pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Namun, menurutnya harus jelas status Jakarta setelah ditinggalkan.

"Kami sepakat aja pindah. Cuma kami minta Jakarta jadi apa," ujar Taufik.

Dia mengingatkan, harus jelas bagaimana nasib Jakarta ke depan. Taufik meminta semua partai, tidak hanya Gerindra, untuk membicarakan nasib Jakarta. Apakah bakal menjadi daerah khusus ekonomi dan perdagangan.

"Ini harus jadi perhatian semua parpol. Saya minta semua parpol bicarakan ini," kata Taufik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Jakarta akan menjadi pusat perekonomian dan wisata. Dia mengatakan, Jakarta berhasil menjadi kota terbanyak di Indonesia yang didatangi wisatawan saat tahun baru.

"Kami berharap ibu kota pinah maka kami di Jakarta kita dapat fokus Jakarta sebagai pusat perekonomian, dan wisata," kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.