Pesan Surya Paloh di Tahun Baru Imlek

Oleh Achmad Sudarno pada 25 Jan 2020, 10:26 WIB
Diperbarui 25 Jan 2020, 10:26 WIB
Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh

Liputan6.com, Makassar - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mendatangi Kelenteng Xian Ma, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada perayaan Tahun Baru Imlek 2571, Jumat 24 Januari 2020 malam.

Kedatangannya disambut pengurus maupun warga yang berada di wihara yang terletak di Jalan Sulawesi, Kota Makassar. Atas nama pribadi, Partai Nasdem dan seluruh rakyat Indonesia, dia menyampaikan selamat Tahun Baru Imlek.

"Ini adalah penghormatan dari saya sebagai ketua umum Partai Nasdem, sekaligus mengucapkan selamat tahun baru Imlek kepada saudara-saudara kita. Gong Xi Fat Chai," ujar Surya Paloh.

Ia berharap perayaan Imlek tahun ini membawa keberkahan, kemudahan rezeki, dan terbukanya peluang usaha di berbagai bidang. Selain itu, semakin bisa memperjuangkan cita-cita terhadap maju mundurnya kemajuan bangsa Indonesia.

"Bagaimanapun juga tidak ada artinya kemajuan bangsa dan bernegara tanpa menjaga sikap persatuan dan kesatuan. Nilai pluralisme yang menyatukan bangsa harus terjaga dari waktu ke waktu," ujar dia.

Kelenteng Xian Ma menjadi salah satu kelenteng tertua di Kota Makassar. Rumah ibadah ini berdiri sejak tahun 1864 yang lalu.

Kelenteng Xian Ma juga telah mengalami perombakan beberapa kali sejak berdiri. Tercatat pada 2005, dilakukan renovasi besar-besaran pada Klenteng Xian Ma dengan dibangun lima lantai. Hingga akhirnya pada tahun 2008, kelenteng tertinggi di Makassar ini resmi digunakan warga etnis Tionghoa.

Masuk di Kelenteng Xian Ma, pengunjung akan menemui patung Namo Maitreya yang berada tepat di depan pintu masuk. Terdapat, sembilan tiang penyangga gedung berwarna merah, menjadikan bangunan yang dipenuhi ornamen-ornamen pemujaan dewa tampak megah dan kokoh.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓