Kepala BNPT: Perguruan Tinggi Rentan Terpapar Radikalisme

Oleh Liputan6.com pada 25 Jan 2020, 09:54 WIB
Diperbarui 25 Jan 2020, 09:54 WIB
Penanggulangan Terorisme, Kemenkumham Bangun Kerja Sama dengan BNPT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Suhardi Alius mengatakan, perguruan tinggi rentan terpapar paham radikalisme sehingga perlu upaya bersama untuk mengatasi hal tersebut.

Hal ini disampaikan Suhardi usai rapat pleno Forum Guru Besar (FGB) ITB membahas radikalisme dan intoleransi di Bandung, Jawa Barat, Jumat 24 Januari 2020. 

"Tidak hanya Perguruan Tinggi tertentu yang bisa terpapar, tetapi semuanya bisa, yang membedakan hanya tebal tipisnya saja. Oleh karena itu kita semua harus waspada dan harus bisa mengidentifikasi hal tersebut. Karena itu bisa saja menjangkiti anak kita, saudara kita, atau lingkungan kita," kata Suhardi seperti dilansir dari Antara, Sabtu (25/1/2020).

Mantan Sekretaris Utama (Sestama) Lemhannas tersebut menyampaikan bahwa dirinya bersedia berbagi informasi, bertukar pikiran, dan memberikan pemahaman kepada para Guru Besar ITB terkait pencegahan radikalisme dan intoleransi

"Sehingga kita betul-betul bisa mengidentifikasi apa masalah yang ada di tengah-tengah kita dan riil itu. Kita identifikasi dan kita carikan solusinya bersama dengan melibatkan semua pihak, termasuk FGB ini. Dan kita juga lihat tadi ternyata sangat antusias di dalam karena baru menyadari demikian hebatnya permasalahan ini," tutur dia.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓