Sukses

Ma'ruf Amin: Agama Sering Dimanipulasi untuk Kepentingan Duniawi

Ma'ruf mengatakan saat ini agama sering disalahartikan sehingga menimbulkan konflik dan perpecahan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri pertemuan Komite Eksekutif Centrist Democrat International (CDI) di Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf mengatakan saat ini agama sering disalahartikan sehingga menimbulkan konflik dan perpecahan.

"Perkembangannya ajaran agama sering dipahami secara keliru, bahkan dimanipulasi untuk kepentingan duniawi tertentu sehingga menjadikannya sebagai sumber konflik dan perpecahan," kata Ma'ruf Amin di Hotel Hyatt, Yogyakarta, Jumat (24/1/2020).

Dia menjelaskan, agama diturunkan ke dunia untuk memberikan pencerahan. Agar publik dapat mengatasi dan memecahkan permasalahan sehingga hidup dengan kedamaian.

"Nilai-nilai luhur agama tentang harmoni, kesetaraan dan perdamaian yang telah melahirkan peradaban unggul manusia pada era masa lalu," ungkap Ma'ruf.

Menurut dia, perlu diselaraskan kembali nilai-nilai luhur untuk para generasi muda. Hal tersebut untuk mewujudkan masa depan umat manusia yang lebih baik dan sejahtera. Sebab itu dia meminta kepada peserta agar menjaga perdamaian.

"Melalui forum yang mulia ini saya mengajak kita semua untuk ke depan secara bersama-sama mengembalikan agama ke tujuan awalnya, yaitu sebagai pembawa nilai-nilai harmoni, kesetaraan dan perdamaian," jelas Ma'ruf Amin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Beragam Peserta

Pertemuan internasional tersebut diselenggarakan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai tuan rumah. Dihadiri Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauzia, serta beberapa tokoh pimpinan partai politik, tokoh agama, akademisi, dan pembuat kebijakan dari berbagai budaya dan agama di Eropa dan Asia.

Diketahui PKB adalah salah satu partai yang tergabung dalam CDI. Tercatat ada 151 partai yang tergabung dalam forum tersebut. Di Eropa sendiri partai-partai yang tergabung menjadi pimpinan politik seperti Jerman, Australia, Belgia.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.