Sukses

Depan Stasiun Tebet Banjir Usai Hujan Deras Guyur Jakarta

Ketinggian air di pos polisi Stasiun Tebet mencapai 50 sentimeter pada pukul 09.43 WIB tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Tebet Timur terendam banjir saat hujan mengguyur Jakarta, Jumat (24/1/2020). Ketinggian air di pos polisi Stasiun Tebet mencapai 50 sentimeter pada pukul 09.43 WIB tadi.

Sementara, ketinggian air di depan Stasiun Tebet mencapai 30 cm.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah penumpang terjebak di stasiun karena tidak bisa keluar.

Sejumlah sepeda motor pun mogok setelah dipaksa menerjang banjir.

Sebelumnya, hujan lebat mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak pagi hingga siang ini. Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, hujan ini tak masuk dalam kategori ekstrem.

"(Hujan hari ini) pada skala lebat saja," kata Kasubid Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi kepada Liputan6.com, Jumat (24/1/2020).

"Menurut prakiraan BMKG belum kategori ekstrem," lanjut dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah Lain Juga Tergenang

Akibat hujan deras sejak pagi, sejumlah jalan di Jakarta juga tergenang.

Salah satu jalan yang tergenang adalah Jalan Angung Karya 6 Sunter, Jakarta Utara.

"09.59 Situasi lalu lintas di Jl Agung Karya 6 Sunter Jakut terpantau ada genangan air sekitar 25Cm agar pengendara mencari alternatif jalan lain," tulis Traffic Management Center Polda Metro Jaya dalam akun Twitter @TMCPoldaMetro.

Juga di daerah Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Utara. Genangan di daerah itu mencapai 20 sentimeter, meski kendaraan masih bisa melintas.

"10.10 Situasi arus lalin di Tl Pintu Air Mangga Besar Gunung Sahari terpantau ada genangan sekitar 10-20 cm di sisi jalan dan masih bisa di lintasi pengendara," info TMC Polda Metro Jaya.

"09.55 Situasi lalu lintas di Jl DI Panjaitan Jaktim terpantau ada genangan air sekitar 10cm dan masih bisa di lintasi pengendara," lanjut TMC Polda Metro Jaya soal genangan di Jakarta.

Juga di wilayah Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Menurut Farid, warga setempat, banjir mulai menggenang wilayah Pasar Baru sekitar pukul 09.00 WIB.

"Iya banjir sejak pagi, ya sekitar jam 9-an," kata Farid saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Pintu Monumen Nasional (Monas) sebelah barat atau tepatnya di taman pandang depan Istana Negara pun sempat banjir akibat hujan lebat yang mengguyur Jakarta dari pagi sampai siang ini.

Hal ini terungkap dalam akun Instagram Dishub DKI Jakarta yang mengunggah video. Dalam video, terlihat adanya genangan air.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Jumat (24/1/2020) sekitar pukul 11.34 WIB, banjir sudah tidak terlihat lagi. Tampak belasan petugas dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) yang hadir dan beberapa terlihat membuka saluran drainase.

Salah satu petugas SDA DKI membenarkan sempat ada banjir.

"Ketinggiannya semata kaki kurang, enggak begitu tinggi karena langsung ditanggapi dengan beberapa tindakan cepat," kata petugas SDA DKI tersebut.

 

(Lorenza Ferary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.