Sukses

Bertemu Mahfud Md, Moeldoko Pastikan Satgas 115 Belum Akan Dibubarkan

Satgas ini muncul di era Susi Pudjiastuti menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan untuk mengatasi penangkapan ikan secara ilegal.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan, dirinya sudah berbicara dengan Menko Polhukam Mahfud Md mengenai keberadaan Satgas 115. Satgas ini muncul di era Susi Pudjiastuti menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Jokowi-JK untuk mengatasi penangkapan ikan secara ilegal.

"Tadi bicara soal Satgas 115. Bagaimana menghadapi illegal fishing, efektivitas Satgas itu seperti apa," kata Moeldoko di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Menurut dia, ini dilakukan mengingat akan ada regulasi yang dimaksukan ke dalam Omnibus Law terkait pengamanan laut. Namun, dirinya menepis Satgas itu akan dibubarkan dalam waktu dekat.

"Sementara ini sampai perbaikan ke depan, itu akan tetap dilanjutkan. Tapi sementara, karena Satgas task force enggak boleh permanen, hanya sementara. Karena undang-undangnya belum ada. Sementara ini akan tetap dijalankan dengan berbagai perbaikan," ungkap Moeldoko.

Menurut dia, selama ini selalu ada evaluasi mengenai keberadaan Satgas 115. "Selama ini ada evaluasinya," tukasnya.

Sebelumnya, mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengharapkan Satgas 115 tetap berlanjut di periode pemerintahan selanjutnya. Sebab, peran Satgas ini sangat penting bagi kedaulatan, keamanan, dan keberlanjutan sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

"Satgas 115 adalah yang pertama dibentuk Presiden dalam penanggulangan ilegal unreported unregulated fishing, yang terdiri dari Angkatan Laut, Bakamla, Kejaksaan Agung, juga Pol Air," kata Susi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Mengawal Wilayah Laut

Dia menjelaskan, Satgas 115 sangat efektif untuk koordinasi dan sinergi antarinstansi penegak hukum dan pemerintah dalam menjaga kedaulatan sumber daya laut Indonesia.

Dia pun meminta semua pihak yang terlibat dalam Satgas 115 tetap berpegang teguh pada komitmen untuk mengawal wilayah laut dan SDA perikanan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.