Kepala BNPB: Musim Hujan, Para Pejabat Tidurnya Dikurangi

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 23 Jan 2020, 11:08 WIB
Diperbarui 23 Jan 2020, 11:12 WIB
Penghargaan Untuk Sutopo Purwo Nugroho

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, di musim penghujan seperti ini, perlu ada keseriusan dari para pejabat demi mengurangi dampak bencana yang timbul.

Menurut dia, keseriusan tersebut dipergunakan untuk memastikan sistem peringatan dini beroperasi dan berjalan dengan baik.

"Ya tergantung keseriusan dari para pejabat yang menangani. Jadi tanpa ada keseriusan, tanpa fokus bekerja, mengabdi untuk rakyat akan susah. Seluruh pejabat diharapkan bisa lebih peduli, terutama dalam menghadapi musim-musim hujan begini," kata Doni di Kementerian Pertahanan, di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Dia pun menyarankan agar para pejabat tersebut bisa mengurangi tidur di musim penghujan seperti ini.

"Kalau perlu tidurnya dikurangi, siaga terus. Koordinasi antara hulu dengan hilir, bagaimana di hulu ada hujan, berapa curahnya, lebat apa enggak, kemudian setiap pintu air kan ada data tentang berapa tinggi permukaan air, itu diinformasikan," jelas Doni.

2 dari 3 halaman

Bentuk Group Whatsapp

Dia pun juga meminta agar mereka membuat grup WhatsApp, demi mengumpulkan data-data yang benar bagi masyarakat.

"Bentuk grup-grup WhatsApp untuk mendapatkan data-data yang benar, jangan terpengaruh oleh hoaks, berita-berita bohong sehingga masyarakat juga mendapatkan informasi yang akurat," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓