Dikemudikan Anak di Bawah Umur, Mobil Kijang Masuk Bendungan

Oleh Abramena pada 22 Jan 2020, 03:30 WIB
Diperbarui 22 Jan 2020, 03:30 WIB
Mobil Masuk Bendungan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah mobil Toyota Kijang bernopol T 1009 OL terperosok hingga masuk ke tengah sungai di Bendungan Barugbug, Desa Situdam, Jatisari, Karawang, Jawa Barat. Mobil kijang berwarna hijau tua itu dikemudikan Ade (15) warga Kondang, Patokbeusi, Subang.

Saksi mata Aldi Gumelar menerangkan, insiden mobil masuk bendungan itu terjadi pada Selasa (21/1/2020) sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu, mobil yang melaju dari arah Barugbug menuju Situdam tiba-tiba bertambah kecepatannya hingga terperosok masuk ke pintu air Sungapan.

"Sesudah melewati jembatan bendungan, menikung ke kanan dengan kecepatan tinggi hingga kecebur sungai," kata Aldi, Selasa (21/1/2020) .

Kepada Desa Situdam Iwan Kurniawan menduga, pengemudi salah menginjak pedal saat melewati jalan sempit di lokasi kejadian. Akibatnya, laju mobil bertambah kencang hingga terperosok ke sungai.

"Diduga salah menginjak pedal gas, seharusnya pedal rem yang dinjak saat melewati tikungan bendungan," kata Iwan.

Iwan mengungkapkan, mobil tersebut berisi tujuh orang, terdiri atas dua orang laki-laki dewasa, dua perempuan dewasa, dua orang anak-anak, dan satu pengemudi yang masih di bawah umur. Kondisi debit air yang sedang naik membuat warga harus terjun ke sungai untuk mengevakuasi para korban.

"Semua penumpang berikut sopir dalam mobil ada tujuh orang dievakuasi dalam keadaan selamat," katanya.

Iwan kemudian meminta bantuan warga setempat untuk mengevakuasi mobil tersebut. Pihaknya juga menghubungi petugas bendungan untuk mengurangi debit air, supaya mobil mudah dievakuasi. Mobil berhasil dikeluarkan sekitar pukul 18.15 WIB.

"Proses evakuasi secara manual cukup makan waktu, karena hanya mengandalkan tali yang ditarik warga beramai-ramai, sementara sopir yang masih bocah trauma," katanya.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓